Pelabuhan Merak

CILEGON – Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Terminal Terpadu Merak (TTM) siap menerima bantuan sejumlah armada bus pengantar penumpang pejalan kaki, baik dari TTM menuju Pelabuhan PT ASDP Merak ataupun sebaliknya. Bus yang rencananya datang Rabu (29/6/2016) ini, nantinya akan melayani masyarakat secara gratis.

Hal itu diungkapkan oleh Staf Tata Usaha TTM Kota Cilegon Iwan Yuhendra. “Ini untuk semua penumpang, bukan hanya untuk melayani penumpang yang usia lanjut saja,” ujar Iwan, Selasa (28/6/2016).

Armada bus gratis tersebut, sambung Iwan disediakan oleh Dinas Provinsi Banten yang juga bekerjasama dengan pihak PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Utama Merak. “Jumlah busnya sekitar dua hingga tiga unit bus yang akan beroperasi setiap harinya. Kita belum melakukan koordinasi lagi dengan Dishub Provinsi dan pihak pelabuhan,” kata dia.

Selain penyedian armada bus gratis, Terminal Merak juga akan menyediakan trolly gratis demi memberikan pelayanan yang nyaman bagi para penumpang. “Nanti penggunaan trolly itu akan dibantu oleh relawan dari anak pramuka,” ujarnya.

Rencananya, mulai H-7 Idul Fitri, TTM sudah siap dengan ketersediaan sejumlah fasilitas penunjang arus mudik lainnya. “Besok semua sudah mulai siap. Selain armada bus dan trolly gratis, besok posko kesehatan juga sudah akan didirikan,” kata Iwan. (Riko)