Mural Menghiasi Tembok-tembok di RT 03 Magersari

0
850 views

SERANG – Pembuatan mural menjadi kegiatan utama warga RT 03 RW 05, Lingkungan Magersari, Kelurahan Kota Baru, Kecamatan Serang. Ada bermacam lukisan cat yang dibuat di tembok kanan-kiri jalan di perkampungan ini.

Mural, dominan di RT 03. Penataan yang dilakukan warganya untuk menghadapi Lomba Kampung Resik Lan Aman (LRLA) Kota Serang 2020 tidak hanyak. Selain pengecatan, warga membuat pos ronda dan ruang terbuka hijau (RTH) Ini dilakukan karena kampung ini tidak luas. Berada di kanan-kiri jalan sepanjang sekira 500 meter.

Haris, Warga RT 03, menjelaskan bahwa pembuatan mural dilakukan oleh para pemuda. ”Pengecatan ini juga inisiatif pemuda,” katanya kepada Radar Banten, Rabu (12/8).

Sementara, pembenahan pos ronda dilakukan oleh bapak-bapak. Pos ronda RT 03 tak lagi polos tanpa alat keamanan, seperti saat penilaian tahap pertama LRLA.

”Setelah dikasih tau sama tim juri, kita mulai berbenah pos ronda,” ujar Haris.

Pembuatan RTH juga dilakukan warga setelah penilaian tahap pertama. Ibu-ibu menanam tanaman sayur dan obat keluarga. Lahan yang digunakan untuk RTH merupakan lahan kosong dan tak terpakai.

”Alhamdulillah, sekarang lahan ini ada manfaatnya juga,” ungkap Haris.

Ketua RT 03 Mudakir menambahkan jika pos ronda dan RTH akan ditata lagi sebelum penilaian tahap kedua. Jalan di RT ini juga akan dicat. ”Pokoknya, bakal kita perbarui lagi,“ tandasnya.

Mudakir menilai, LRLA mampu mengubah kampungnya menjadi lebih bagus dan bersih. Kegiatan siskamling pun jadi rutin dilakukan setiap malam. ”Syukur-syukur dapat juara,” harapnya. (mg06/don)