Musim Hujan Tiba, Dinkes Imbau Warga Lebih Waspada

0
467 views

SERANG – Dinas Kesehatan Kabupaten Serang menghimbau masyarakat untuk mewaspadai dan melakukan pencegahan terhadap berbagai jenis penyakit yang sering melanda saat musim hujan tiba.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Serang, Sri Nurhayati, mengatakan cuaca yang saat ini tidak dapat ditebak memungkinkan masyarakat mudah terjangkit penyakit.

“Beberapa penyakit menular saat musim hujan diantaranya DBD, Ispa, Diar, Kusta TBC, dan penyakit kulit lainnya. Namun rata-rata kalau sekarang DBD yang masih ada disetiap kecamatan dan itu terkait dengan gaya hidup dan kesehatan lingkungan masyarakat itu sendiri,”katanya sesuai menghadiri acara launching BPJS Mobile Screening Daya di aula Dinas Kesehatan Kabupaten Serang, Rabu (1/17).

Sementara itu, lanjut dia, beberapa penyakit menular yang terjadi disaat musim hujan tersebut, rata-rata di idap diseminasi kalangan dewasa maupun anak-anak.”Sebenarnya semua penyakit sama saja, itu semua tergantung dari gaya hidup dan pola hidup bersih dan sehat terutama dalam lingkungan keluarga,”katanya.

Ia berharap, agar masyarakat dapat menjaga pola hidup dalam berinteraksi khususnya dalam keluarga. “Dalam sehari-hari jangan minum air keran dan pisahkan antara makanan yang mentah dan matang. Serta hendak mencuci tangan terlebih dahulu menggunakan sabun pencuci tangan sebelum makan agar terhindar dari berbagaiacam penyakit yang akan membahayakan jiwa,” harapnya. (Wirda)