Musim Mudik Tahun Ini, 900 Ribu Kendaraan Bakal Lalui Pantura

0
793 views
Ilustrasi (dok Jawa Pos.com)

KORPS Lalu Lintas telah memprediksi pada musim mudik 2017 ini kawasan jalur Pantai Utara (Pantura) akan menjadi pilihan utama para pemudik yang menuju Jawa Tengah hingga Jawa Timur. Bahkan ratusan ribu kendaraan akan melewati jalur itu.

Kakorlantas Irjen Royke Lumowa mengatakan, akan ada sekitar 900 ribu kendaraan roda empat akan melalui jalur Pantura menjelang Hari Raya Idul Fitri 1438 Hijriah. Lalu ada juga kendaraan roda empat lainnya yang diprediksi akan menggunakan jalur selatan dengan melintasi sejumlah kawasan di Jawa Barat.

“Total ada 1,5 juta kendaraan roda empat akan keluar Jakarta lewat tol. Pantura diprediksi masih primadona, sekitar 60 persen. Sedangkan 40 persen lainnya melalui tol Purbaleunyi masuk ke Nagrek lalu Cilacap ke Purwokerto dan seterusnya,” papar dia, Rabu (21/6).

Untuk lokasi simpul kemacetan, Royke memprediksi akan tersebar di sejumlah gerbang tol dari Cikarang Utama hingga Brebes Timur. Mantan Kapolda Papua Barat ini memperkirakan, kemacetan akan terjadi di Gringsing, Batang, lokasi akhir tol fungsional sebelum memasuki Semarang.

Guna mengantisipasi kemacetan parah di sekitar jalur Pantura, petugas sudah menyiapkan langkah pengalihan arus. Salah satunya, kendaraan roda empat akan dikeluarkan di gerbang tol Cikopo dan dialihkan menuju Sadang.

“Tahun ini memang lebih menyebar macetnya, Cikarang Utama tetap masih ada, Palimanan tetap masih ada, Brexit dan Brebes Barat masih ada, Pejagan pasti masih ada, kemudian Kanci masih ada. Tapi tidak separah tahun lalu,” tukas dia. (elf/JPG)