Musrenbang Digelar Daring, Warga Bisa Beri Masukan

0
582 views

CILEGON – Di tengah mewabahnya virus corona (Covid-19), pelaksanaan musyawarah perencanaan pembangunan (musrenbang) tingkat kota tetap akan digelar, besok (7/4). Agenda musrenbang tidak bisa dibatalkan karena sangat penting bagi pembangunan Cilegon ke depan.

Namun, berbeda dengan musrenbang tahun-tahun sebelumnya, musrenbang besok  akan digelar secara daring. Hal itu tentu tidak akan mengurangi semangat pembahasan musrenbang.

Kepala Bappeda Kota Cilegon Beatrie Noviana mengatakan, ada kurang lebih 100 peserta yang bergabung dalam saluran video conference zoom streaming pada musrenbang besok. Musrenbang secara daring akan dihadiri Walikota Edi Ariadi, Wakil Walikota Ratu Ati Marliati, Sekda Sari Suryati, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Cilegon, kepala organisasi perangkat daerah (OPD), dan perwakilan lembaga lain.

”Kami  akan  gelar musrenbang online. Masih sama seperti pra musrenbang kemarin memakai aplikasi zoom streaming. Bedanya tidak ada kelompok dan akan ada kurang lebih 100 orang dalam aplikasi zoom streaming dalam musrenbang,” katanya saat menghadiri rapat terbatas bersama Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Jumat (3/4).

Beatrie menjelaskan, dalam musrenbang akan ada penyampaian arah kebijakan dari Walikota Edi Ariadi tentang kebijakan rencana kerja pembangunan daerah (RKPD) 2021, pokok-pokok pikiran pembangunan dari Ketua DPRD Kota Cilegon Endang Efendi, evaluasi dari Wakil Walikota Ratu Ati Marliati dan perumusan hasil Pra Musrenbang dari Sekda Kota Cilegon, Sari Suryati.

“Berbeda dengan musrenbang kemarin ada kelompok, besok (Selasa 7/4) itu penyampaian langsung dari Walikota, Ketua Dewan, Wakil Walikota dan perumusan dari bu Sekda,” imbuhnya.

Beatrie menjelaskan, pola rapat atau pembahasan musrenbang secara daring secara keseluruhan tidak ada kendala. Hanya saja ada persoalan jaringan. Sebab, secara daring ini merupakan pola baru dan perdana dilakukan. Namun, imbuhnya, secara keseluruhan saat Pra Musrenbang juga berjalan lancar dan semua masukan tersampaikan. “Alhamdulillah kemarin lancar dan tersampaikan (masukan). Ini pola baru, (masalahnya) hanya teknis soal jaringan saja,” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Komunikasi Informatika Sandi dan Statistik (Diskominfo) Kota Cilegon Azis Stia Ade mengungkapkan, selain video konferensi, musrenbang tersebut juga dilakukan live streaming Youtube dan disiapkan aspirasi online lewat aplikasi bit.ly/masukanmusrenbang2021, dimana warga bisa memberikan masukan dan usulan.

“Semua warga bisa ikut serta menyaksikan lewat live streaming Youtube untuk musrenbang. Bahkan bisa juga menyampaikan usulan dan masukan secara online lewat aplikasi yang sudah disiapkan,” pungkanya. (bry/alt/ags)