Thoni Fathoni Mukson

SERANG – DPW Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Provinsi Banten akhir Agustus ini harus menyelenggarakan Musyawarah Wilayah (Muswil) V. Namun, pelaksanaan Muswil diambil alih DPP lantaran kepengurusan PKB Banten sudah berakhir sejak dua tahun lalu.

‎Dalam rangka memilih Ketua DPW PKB Banten yang baru, sejumlah kader PKB mengharapkan soliditas partai. “Jadi, perlu kami tegaskan bahwa tidak ada gonjang-ganjing di internal ‎partai. Yang ada PKB Banten mau melaksanakan Muswil V,” kata anggota Fraksi PKB DPRD Banten Thoni Fathoni Mukson saat memberikan keterangan pers akhir pekan lalu di ruang Fraksi PKB.

Menurut Thoni, berdasarkan SK kepengurusan DPW PKB Banten yang dikeluarkan DPP periode 2010-2015 sudah habis sejak Mei 2015 lalu. Kemudian diperpanjang oleh DPP. Perpanjangan SK kepengurusan hanya tiga bulan.

“Perpanjangan SK dilakukan untuk memfasilitasi pelaksanaan Muswil V sebab muswil merupakan amanat partai. Akhir Agustus ini sudah harus dilaksanakan,” ungkapnya.

Thoni yang juga menjabat Ketua DPC PKB Kabupaten Pandeglang itu menambahkan, secara teknis pelaksanaan, Muswil V digelar oleh pengurus karteker DPW PK Banten yang telah dibentuk DPP. Dalam waktu dekat ini, lanjut Thoni, akan segera digelar pra Muswil V.

“Insya Allah PKB Banten tetap solid, siapa pun nanti yang diberikan amanah memimpin PKB Banten lima tahun ke depan, itu diputuskan lewat Muswil V,” ungkapnya.

Mantan ketua DPW PKB Banten Rahmat Abdul Gani membenarkan bila kepengurusannya sudah berakhir sebelum menggelar Muswil V. “‎Pelaksanaan muswil sepenuhnya diatur oleh karteker DPW PKB Banten yang telah dibentuk DPP,” kata Rahmat.

Ia menambahkan, ‎tidak ada kekisruhan di tubuh PKB Banten. Meskipun Muswil molor hingga dua tahun. “Silakan tanya saja langsung ke karteker DPW PKB,” ungkapnya.

‎Pertengahan Mei 2017 lalu, DPW PKB Banten sempat menggelar kegiatan silaturahmi dan konsolidasi partai menghadapi pilkada serentak 2018 dan Pemilu 2019 yang dihadiri Ketua Umum DPP PKB Muhaimin Iskandar di Kantor DPW PKB Banten.

Karteker DPW PKB Banten Bambang tidak menampik bila pihaknya segera menggelar Muswil V. “Betul, sesuai target waktu yang diberikan DPP PKB, kami pengurus carateker PKB Banten harus menyelenggarakan muswil PKB Banten akhir Agustus, namun waktu tanggal pelaksanaanya masih menunggu dan menyesuaikan agenda Ketua Umum DPP PKB,” katanya.

Persiapan Muswil, lanjut Bambang, kelengkapan syarat sahnya muswil sedang disiapkan dengan matang oleh karteker. “Kita akan cari mekanisme yang tidak terlalu rumit, nanti akan diawali pra muswil/majelis permusyawaratan cabang, yakni pertemuan antarcabang-cabang dengan DPP untuk menyamakan kesepakatan bersama,” ungkapnya. (Deni S/RBG)