Nah Loh, Harga Cabai Rawit Merah di Kabupaten Serang Masih Tinggi

SERANG – Harga cabai rawit merah di beberapa pasar di Kabupaten Serang tergolong masih cukup tinggi. Harga tersebut dikarenakan pasokan dari pengepul cabai yang diterima oleh pedagang masih sedikit.

Pedagang cabai di Pasar Ciruas Kabupaten Serang, Yani mengatakan, pada hari ini meskipun sudah mengalami penurunan harga namun harga cabai rawit merah masih saja mahal.

“Cabai rawit merah saya jual Rp128 ribu, yang sebelumnya Rp140 ribu. Sedangkan harga cabai merah keriting sekarang masih tetap Rp40 ribu dan cabai merah besar Rp30 ribu,” katanya saat diwawancarai, Rabu (22/3).

Sementara itu, Pelaksana Bidang Perdagangan pada Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Serang, Andang Sukoyo mengatakan, harga cabai rawit merah rata-rata masih di angka Rp120 ribu per kilogram.

“Dibandingkan dengan dua bulan lalu, harganya ini sudah turun. Kalau awal tahun sampai di angka Rp160 ribu per kilogram. Saat ini yang kami lakukan hanya mengendalikan harga tersebut dengan melakukan operasi pasar, namun semua tergantung dengan kondisi cuaca dan pendistribusiannya sendiri,” ujarnya.

Kendati demikian, ia berharap agar harga bahan utama pemedas rasa makanan tersebut dapat mengalami penurunan. “Semoga harganya bisa di bawah Rp100 ribu, agar masyarakat tidak menjerit dengan harga cabai tersebut,” harapnya. (Wirda)