Nahloh! Banten Akan Bentuk Pergub Hukuman untuk SKPD

E Kusmayadi

SERANG – Demi mendorong kinerja Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di lingkungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten, Pemprov akan mengajukan pembentukan Peraturan Gubernur (Pergub) tentang Penghargaan dan Hukuman atau Reward and Punishment untuk kinerja SKPD.

Hal tersebut diungkapkan langsung oleh Kepala Biro Ekbang Provinsi Banten, Kusmayadi saat ditemui setelah penyerahan Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA) di pendopo Gubernur Banten, Kawasan Pusat Pemerintahan Provinsi Banten (KP3B), Selasa (5/1/2016).

“Selama ini kita tidak bisa menghukum pejabat SKPD, tapi setelah ada Pergub hukuman dan penghargaan ini, bagi SKPD yang kinerja buruk akan dihukum. Bagi yang bagus kinerjanya akan diberikan penghargaan oleh gubernur,” ujar Kusmayadi.

Kusmayadi melanjutkan, poin dalam Pergub hukuman dan penghargaan tersebut bukan terbatas pada persoalan serapan anggaran saja, namun persoalan lain. Misalnya SKPD yang menjadi temuan Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK). “Dengan adanya Pergub ini diharapkan bisa mendorong kinerja SKPD,” katanya. (Bayu)