KMP Nusa Putra saat bersandar di Dermaga VII Pelabuhan Merak, Selasa (18/6) petang. Foto: Warga untuk Radar Banten

MERAK – Toyota Avanza warna hitam B 1087 CKB jatuh ke laut dari KMP Nusa Putra yang berlayar dari Pelabuhan Bakauheni menuju Merak, Selasa (18/6).

Humas PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Merak Fariz Rizki saat belum bisa menjelaskan secara detail koronologi peristiwa itu. Kata Fariz, di tengah-perjalanan, tanpa diketahui secara pasti penyebabnya, mobil bergerak ke tepi kapal sehingga menabrak pagar pembatas dan langsung terjatuh ke laut.

“Kejadian pastinya belum tahu, jam berapa peristiwanya, yang jelas katanya posisinya di tengah,” ujar Fariz saat dikonfirmasi, Selasa (18/6) malam.

Dari informasi yang beredar, kondisi kendaraan dalam keadaan terpakir dengan posisi mesin mati dan telah direm tangan. Meski begitu, mobil itu tidak menabrak mobil lain yang ada di bagian belakang kapal sebelum kecemplung ke laut.

Sopir Avanza dan sejumlah saksi langsung diamankan di kantor Kepolisian Sektor Kawasan Pelabuhan (KSKP) Merak begitu KMP Nusa Putra bersandar di Dermaga VII Pelabuhan Merak sekira pukul 18.30 WIB. “Pas kita sampai di Dermaga VII katanya sudah dibawa ke KSKP, kita tunggu saja informasi selanjutnya, ujar Fariz.

Kepala KSKP Merak Kompol Salahudin mengatakan, sopir dan saksi dibawa ke KSKP hanya untuk beristirahat dan menunggu anggota keluarga sambil menunggu koordinasi dengan Polair Banten. “Yang nanganin bukan KSKP, tapi Polair,” ujarnya.

Salahudin mengaku belum mendapatkan informasi terkait kronologi kecelakaan. Oleh karena itu, ia belum bisa memberikan keterangan lebih lanjut. (Bayu Maulana)