Natal dan Tahun Baru, Masyarakat Disarankan Beli Tiket Online

JAKARTA – Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melalui Direktorat Jenderal (Ditjen) Perhubungan Laut telah mempersiapkan angkatan laut Natal 2019 dan Tahun Baru 2020. Salah satunya adalah dengan memberikan pelayanan tiket berbasis elektronik atau e-tiketing (tiket online).

Hal tersebut dilakukan guna memastikan masyarakat yang menggunakan transportasi laut dapat terlayani dengan aman, nyaman dan mudah. Selain itu juga untuk mengantisipasi lonjakan penumpang dan percaloan tiket.

“Pemerintah juga mendorong setiap perusahaan pelayaran sudah melakukan penjualan tiket secara online sehingga lonjakan dan penumpukan penumpang dapat diantisipasi serta menghindari praktek percaloan,” terang Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Laut Kementerian Perhubungan Wisnu Handoko dalam keterangan tertulis, Minggu (8/12), sebagaimana dilansri Jawa Pos.

Pelayanan tersebut pun telah disiapkan sejak beberapa bulan yang lalu, yakni dengan melakukan uji petik (pengendalian kualitas) kelaikan kapal penumpang. Sarana dan prasarana pun juga ditingkatkan untuk memberikan kenyamanan kepada masyarakat.

“Betul sekali, selain memastikan keselamatan dan keamanan pelayaran melalui uji petik kelaiklautan kapal penumpang dan peningkatan sarana prasarana pelabuhan agar membuat nyaman penumpang,” ungkapnya.

Maka dari itu, diperlukan komitmen dari seluruh elemen dan stakeholder pelayaran dalam hal ini perusahaan pelayaran dan operator pelabuhan agar memastikan penjualan tiket sudah berbasis elektronik. (jpc/aas)