Natal dan Tahun Baru, Polisi Sediakan 30 Pospam

Perwakilan PT MMS memaparkan persiapan menghadapi Natal 2018 dan Tahun Baru 2019 di aula Mapolres Serang, Jumat (14/12).

SERANG – Sebanyak 30 pos pengamanan (pospam) dan enam pos pelayanan (posyan) disiapkan dalam Operasi Lilin Kalimaya 2018. Puluhan pospam dan posyan itu akan didirikan di sepanjang jalur wisata hingga pelabuhan Merak.

“Tiga puluh pos pengamanan dan enam pos pelayanan. Pos pengamanan porsinya lebih banyak pada pengamanan pada titik-titik kegiatan masyarakat. Untuk pelayanan lebih bersifat informasi,” kata Wakapolda Banten Komisaris Besar (Kombes) Tomex Kurniawan, Rabu (12/12) lalu.

Pospam akan didirikan pada sejumlah titik yang dianggap rawan dan dilalui oleh masyarakat mulai 22 Desember 2018 mendatang. “Kita banyak fokus pada pengamanan tempat ibadah, jalur wisata, dan tempat-tempat kegiatan masyarakat,” kata Tomex.

Direktur Lalu Lintas Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Wibowo menambahkan, untuk mengurai kepadatan arus lalu lintas, pihaknya menerjunkan dua pertiga kekuatan yang ada. “Personel lantas (Polda) dua pertiga kekuatan yang diturunkan. Mulai kita sebar tanggal 22 atau 23 Desember. Itu perkiraan. Semuanya, menunggu keputusan dari Mabes,” kata Wibowo dihubungi Radar Banten, Jumat (14/12).

Dikatakan Wibowo, anggota Ditlantas Polda Banten akan difokuskan pada jalur menuju Pelabuhan Merak dan jalur menuju lokasi pariwisata Anyar. “Merak dan Anyar. Nanti, ada personel lantas dari masing-masing polres,” ucap Wibowo.

Sementara, Polres Serang telah mengadakan rapat koordinasi (rakor) eksternal Operasi Lilin Kalimaya 2018 di aula Mapolres Serang. Rakor itu dihadiri oleh stakeholder terkait untuk membahas persiapan pengamanan Natal dan Tahun Baru 2019.

“Kegiatan rakor ini menjadi bahan evaluasi bagi personel dalam mengamankan berlangsungnya Natal dan Tahun Baru. Kekurangan yang pada tahun sebelumnya bisa diperbaiki,” kata Kapolres Serang Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Indra Gunawan.

Dikatakan Indra, seluruh personel yang terlibat pengamanan mulai diturunkan pada 20 Desember 2018 hingga 2 Januari 2019. “Seluruh personel yang terlibat sudah berada di tempat tugasnya masing-masing,” ucap Indra.

Selain mengamankan perayaan Natal dan Tahun Baru, aparat keamanan diinstruksikan mengamankan wilayah yang rentan bencana. “Sesuai instruksi Wakapolda, perlu antisipasi kemungkinan bencana alam. Koordinasi dengan BPBD harus dilakukan sedini mungkin untuk mengantisipasi korban,” kata Indra. (Merwanda/RBG)