Negara Tetangga Ikut Meramaikan Festival Budaya Nusantara Kota Tangerang

TANGERANG – Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Tangerang kembali menggelar Festival Budaya Nusantara untuk ketiga kalinya. Rencananya festival tersebut berlangsung pada tanggal 5-8 Desember mendatang yang juga bertepatan dengan Rapat Koordinasi Komisariat Wilayah (Komwil) III Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI).

Kepala Disbudpar Kota Tangerang Rina Heraningsih mengatakan, Festival Budaya Nusantara ke-3 tak hanya diikuti kebudayan Indonesia. Namun tiga negara tetangga seperti Malaysia, Singapura dan Brunei Darussalam dipastikan ikut meramaikan dan menampilkan kesenian dan budaya negaranya.

“Festival juga akan diisi hiburan dari artis ibukota, seperti Rina Nose, Daus Mini, Azis Gagap, Komeng, Jarwo Kuat, Narji, Doyok, dan Ginanjar. Kami berharap event ini dapat menarik para wisatawan lokal maupun mancanegara datang ke Kota Tangerang,” katanya, Rabu (27/11).

Ditambahkan, selain hiburan sejumlah perlombaan juga digelar di antaranya lomba fotografi, musik tradisional, lenong Betawi, seni liong naga, barongsai, hingga kuliner khas Kota Tangerang.

Saat ini sudah ada sekitar 200 peserta yang mendaftar perlombaan. Mereka datang dari Cilegon, Pekalongan, Kediri dan Tarakan. Disbudpar juga membuka 110 stand kuliner, fashion, kerajinan tangan dari UKM Kota Tangerang.

Sementara itu, Kepala Bidang Budaya Disbudpar Kota Tangerang Sumangku mengatakan, selama event berlangsung pihaknya berusaha menampilkan kebudayaan khas Kota Tangerang yang di antaranya tari topeng dan tehyan. “Seribu seniman yang akan ditampilkan dalam acara itu. 180 orang di antaranya menampilkan tarian kolosal. Berharap target pengunjung sedikitnya satu juta orang,” ujarnya. (one/adm)