Nelayan Cikadu Dambakan Bantuan Kapal

Perahu berukuran lima gross tonnage (GT) bersandar di perairan Cipanon, Desa Tanjungjaya, Kecamatan Panimbang, Kamis (20/12).

PANIMBANG – Sejumlah nelayan di Kampung Cikadu, Desa Tanjungjaya, Kecamatan Panimbang, mendambakan adanya bantuan kapal.

Bantuan itu penting bagi mereka agar bisa melaut secara optimal. “Warga di sini banyak menjadi nelayan. Tapi, rata-rata menangkap ikan ikut bos-bos dari luar daerah yang memiliki kapal dan modal melaut,” kata warga Kampung Cikadu, Desa Tanjungjaya, Sarman ditemui di sekitar pesisir Cipanon, Kamis (20/12).

Sarman meyakini, jika para nelayan kecil asal setempat memiliki kapal yang layak, dipastikan bisa melaut dengan pendapatan yang maksimal. “Kalau saat ini kan kami sulit, ya segimana dikasih pemilik modal dan pemilik kapal. Kalau kami punya kapal sendiri, mungkin keluarga kami bisa lebih sejahtera,” katanya.

Sarman menceritakan, para nelayan di Kampung Cikadu jika tidak ikut melaut dengan pemilik kapal asal luar daerah, sulit mencari pendapatan untuk menghidupi keluarga di rumah. “Kalau enggak diajak melaut oleh pemilik kapal, kami terpaksa menjaring ikan di pesisir. Itu pun kadang dapat kadang enggak,” katanya.

Dihubungi melalui telepon seluler, Camat Panimbang Suaedi Kurdiatna meyakini, bantuan kapal dari Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) setiap tahunnya ada meskipun tidak lebih dari tiga unit ke Panimbang. “Semoga saja tahun depan ada bantuan lagi. Jika ada, nanti kita usulkan untuk para nelayan dari Desa Tanjungjaya,” katanya.

Kepala Bidang Tangkap Raden Andriana berjanji jika ada program bantuan kapal dari KKP, akan diusulkan bagi para nelayan di Desa Tanjungjaya. “Ya ,nanti kita usulkan. Semoga saja ada untuk tahun depan,” katanya. (Herman/RBG)