New Normal, Cabor Selam Kota Cilegon Kembali Berlatih

CILEGON – Atlet selam Kota Cilegon kembali memulai latihan pertamanya, pasca diliburkan dampak mewabahnya virus corona atau Covid-19, Selasa (7/7). Pada hari pertama memulai latihan, pemantapan gerakan dasar menjadi fokus utama bagi para atlet.

Ketua Cilegon Diving Club (CDC), Gustaf mengatakan, ada sebanyak 24 atlet selam yang berada dibawah binaannya. Mulai dari usia sekolah dasar (SD) hingga tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA). Latihan berlangsung di kolam renang Asa Sport Center Kota Cilegon.

“Semua usia pola latihannya hampir sama. Basic dasar, seperti meluncur dan bernafas. Hanya saja untuk yang masih pemula atau usia SD, kita harus lebih care,” kata Gustaf.

Sebelum Covid-19 mewabah, CDC melatih atlet setiap hari dalam sepekan. Namun pada masa new normal saat ini, latihan hanya digelar tiga kali dalam sepekan. Dengan catatan protokoler kesehatan tetap dilakukan.

“Kolam renang cukup aman karena ada klorin. Protokol kesehatan juga kita terapkan selama latihan. Seperti menjaga jarak dua meter, harus mandi sebelum memulai latihan, dan mengenakan baju baru dan bersih saat latihan,” ujar Gustaf.

Gustaf berharap latihan yang dijalani anak didiknya membuahkan hasil positif untuk kedepan. Membawa harum Kota Cilegon dengan raihan prestasi. “Tahun ini belum ada event. 2021 kita akan kebut, ikut kejuaraan baik tingkat daerah maupun nasional,” jelas Gustaf.

Sementara itu, Ketua Pengurus cabang (Pengcab) Persatuan Olahraga Selam Seluruh Indonesia (POSSI) Kota Cilegon, Irfan Ali Hakim mengatakan, CBC merupakan klub selam yang baru dilaunching tahun ini. Irfan optimistis CBC akan melahirkan atlet potensial yang berprestasi.

“Selam merupakan cabang olahraga baru (di Kota Cilegon). Di masa new normal ini kita mencoba untuk kembali memulai aktivitas latihan. Pembentukan klub ini juga sebagai sosialiasi bagi kami kepada masyarakat bahwa cabor selam di Kota Cilegon sudah ada. Alhamdulilah peminatnya cukup banyak,” kata Irfan. (Riko)