Foto : Radio.com

Pernah merasa sangat
ngantuk berat saat jam kerja? Duh padahal ingin sekali tidur. Apa daya
pekerjaan masih menumpuk.

Jangan panik. Anda
harus berjuang menyingkirkan rasa kantuk daripada harus diomeli bos. Nih coba
10 trik di bawah ini.  

1.
Minum Air Putih

Dehidrasi akan membuatmu
lebih pusing lagi. Minumlah air putih dan itu akan membantu membuat cara kerja
otak dan badan bekerja lebih seimbang. Anda harus menjaga tubuh tetap dalam
keadaan hidrasi.

 2.
Tidur Sebentar

Tidur selama tiga puluh menit akan membuat segar kembali.
Cobalah menggunakan cara ini saat jam istirahat agar tubuh bisa segar lagi.

3. Mendengarkan
Musik

Cara ini sangat efektif untuk membuatmu tetap terjaga. Kalau
perlu, pilih musik dengan tempo cepat yang membuatmu mengikuti iramanya. Anda
bisa tetap terjaga dengan cara ini.

4. Permen Karet

Buatlah wajah kamu
beraktivitas dengan cara sibukkan mulut mengunyah permen karet. Ini upaya
sederhana agar ngantuk segera hilang.

5. Menyeruput Kopi

Seperti biasa, kopi selalu jadi andalan. Kafein dalam kopi memang bisa menghalau rasa kantuk karena kafein merangsang produksi adrenalin dalam tubuh. Hal ini membuat tubuh akan senantiasa menjadi ‘bersemangat’.

6.
Wajah Bos

Coba cara ini. Pasang foto bos di meja kerja. Agar
supaya saat Anda mengantuk, akan terus teringat wajah bos yang akan memarahi
habis-habisan.

7. Olahraga
Pagi

Anda butuh menjadi segar untuk bekerja. Maka dari itu saat Anda
begadang dan terbangun pagi-pagi sekali, sebaiknya melakukan beberapa olahraga
untuk membuat badan sedikit bersemangat.

8. Dahulukan
yang Penting

Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, sebaiknya segera
menyelesaikan pekerjaan yang penting dulu. Mulai buat skema mana yang butuh dikerjakan
sekarang dan mana yang bisa nanti. Dengan begitu Anda akan menghindari amukan
bos.

9. Perhatikan
Sarapan

Biar tidak mengantuk terus,jangan makan makanan cepat saji atau
makanan yang terlalu manis untuk sarapan, ini akan membuat tambah mengantuk.
Makanlah sayuran atau buah yang bisa menambah kesegaran tubuh. Setidaknya
asupan tubuhmu tidak membuat kamu tambah ngantuk. Makan permen saat kerja juga
adalah pilihan yang baik.

10.
Hindari Begadang

Kalau sudah tahu betapa merepotkannya harus mengantuk saat
kerja, jangan lagi tidur larut. Kesehatan itu penting dan kurang tidur jelas
akan mempengaruhi kesehatan badan.

Bila Anda termasuk insomnia, cobalah untuk menyiasati
untuk mengistirahatkan tubuh saat malam hari. Carilah terapi atau obat
alternatif untuk menyembuhkan insomnia yang diderita.

Hmmm, selanjutnya,
Anda bisa mencoba segala cara ini. Siapa tahu berhasil. Selamat mencoba. (Hilal
Ahmad)