Foto : Radio.com

Pernah merasa sangat ngantuk berat saat jam kerja? Duh padahal ingin sekali tidur. Apa daya pekerjaan masih menumpuk.

Jangan panik. Anda harus berjuang menyingkirkan rasa kantuk daripada harus diomeli bos. Nih coba 10 trik di bawah ini.  

1. Minum Air Putih

Dehidrasi akan membuatmu lebih pusing lagi. Minumlah air putih dan itu akan membantu membuat cara kerja otak dan badan bekerja lebih seimbang. Anda harus menjaga tubuh tetap dalam keadaan hidrasi.

 2. Tidur Sebentar

Tidur selama tiga puluh menit akan membuat segar kembali. Cobalah menggunakan cara ini saat jam istirahat agar tubuh bisa segar lagi.

3. Mendengarkan Musik

Cara ini sangat efektif untuk membuatmu tetap terjaga. Kalau perlu, pilih musik dengan tempo cepat yang membuatmu mengikuti iramanya. Anda bisa tetap terjaga dengan cara ini.

4. Permen Karet

Buatlah wajah kamu beraktivitas dengan cara sibukkan mulut mengunyah permen karet. Ini upaya sederhana agar ngantuk segera hilang.

5. Menyeruput Kopi

Seperti biasa, kopi selalu jadi andalan. Kafein dalam kopi memang bisa menghalau rasa kantuk karena kafein merangsang produksi adrenalin dalam tubuh. Hal ini membuat tubuh akan senantiasa menjadi ‘bersemangat’.

6. Wajah Bos

Coba cara ini. Pasang foto bos di meja kerja. Agar supaya saat Anda mengantuk, akan terus teringat wajah bos yang akan memarahi habis-habisan.

7. Olahraga Pagi

Anda butuh menjadi segar untuk bekerja. Maka dari itu saat Anda begadang dan terbangun pagi-pagi sekali, sebaiknya melakukan beberapa olahraga untuk membuat badan sedikit bersemangat.

8. Dahulukan yang Penting

Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, sebaiknya segera menyelesaikan pekerjaan yang penting dulu. Mulai buat skema mana yang butuh dikerjakan sekarang dan mana yang bisa nanti. Dengan begitu Anda akan menghindari amukan bos.

9. Perhatikan Sarapan

Biar tidak mengantuk terus,jangan makan makanan cepat saji atau makanan yang terlalu manis untuk sarapan, ini akan membuat tambah mengantuk. Makanlah sayuran atau buah yang bisa menambah kesegaran tubuh. Setidaknya asupan tubuhmu tidak membuat kamu tambah ngantuk. Makan permen saat kerja juga adalah pilihan yang baik.

10. Hindari Begadang

Kalau sudah tahu betapa merepotkannya harus mengantuk saat kerja, jangan lagi tidur larut. Kesehatan itu penting dan kurang tidur jelas akan mempengaruhi kesehatan badan.

Bila Anda termasuk insomnia, cobalah untuk menyiasati untuk mengistirahatkan tubuh saat malam hari. Carilah terapi atau obat alternatif untuk menyembuhkan insomnia yang diderita.

Hmmm, selanjutnya, Anda bisa mencoba segala cara ini. Siapa tahu berhasil. Selamat mencoba. (Hilal Ahmad)