Nge-Vlog di Instagram, Hobi Baru Walikota Tangerang Arief R Wismansyah

0
78

Pengguna media sosial telah merambah hampir semua lapisan masyarakat. Mulai dari pelajar, mahasiswa, ustad, hingga pejabat. Tak sedikit pula pejabat yang aktif menggunakan Instagram. Dari RI 1 hingga kepala daerah. Termasuk Walikota Tangerang Arief R Wismansyah.

Keberadaan media sosial kini juga dirasa penting untuk dimanfaatkan sebagai sarana berkomunikasi dengan warga. Beberapa di antaranya ada yang mengelola medsos sendiri. Namun juga banyak yang memercayakan orang lain untuk mengelolanya. Walikota Tangerang Arief R Wismansyah pun tak ketinggalan. Ia memanfaatkan medsos untuk curhat berinteraksi dengan masyarakat. Baik melalui Twitter maupun Instagram.

Belakangan Arief terpantau lebih aktif melaporkan aktivitas kedinasannya sebagai Walikota Tangerang di Instagram. Melalui akun @ariefwismansyah yang dikelolanya sendiri, orang nomor wahid di kota berjuluk Akhlakul Karimah ini hampir setiap hari memposting program pembangunan yang sedang dan akan dikerjakan bawahannya.

Seperti unggahan sebuah gambar di akun Instagram-nya, Jumat (3/11). Arief terpantau tengah memotret ajudan dan stafnya sebagai objek jepretannya di salah satu taman kota. ”Gaya jasa yang minta difotoin. Ada yang kenal tiga orang model ini?” tulis Arief dalam keterangan gambarnya.

Postingan yang diunggah sekira pukul 09.00 WIB, Jumat (3/11), itu mendapat tanggapan beragam dari warganet. Mereka tak menyangka kalau pemimpinnya senang dan lihai memotret.

”Pak Wali. Ternyata punya bakat yang terpendam. Keren jasa. Ayo Kota Tangerang makin maju,” ucap Moeslihcm.

”Aih kejauhan Pak @ariefwismansyah motonya,” tulis Renny Rosalia. Beberapa warganet juga mengomentari kamera yang digunakan Arief ketika menjepret objeknya. ”Pak walikota kameranya bagus jasa,” ujar Fahmi Motret. Postingan tersebut disukai 736 warganet.

Selain postingan mengenai aktivitas di lapangan, Arief juga aktif mengunggah layanan reaksi cepat berikut call center. Salah satunya adalah Tangerang Siaga 112. Respons cepat layanan darurat itu memastikan masyarakat supaya tidak perlu ragu untuk melaporkan kejadian kegawatdaruratan, di antaranya kebakaran, kecelakaan lalu lintas, tindak kriminalitas, bencana alam, kerusuhan, kekerasan dalam rumah tangga, gangguan keamanan dan ketertiban umum.

Bahkan permintaan mobil ambulans gratis dan mobil jenazah pun bisa diminta melalui call center 112. Warga cukup menghubungi dan melaporkan kejadian darurat di wilayah sekitarnya. Jajarannya dipastikan dengan cepat dan sigap merespons laporan masyarakat tersebut.

”Mbak-mbak ini akan selalu siap siaga 24 jam dalam menjaga keadaan darurat yang ada di Kota Tangerang. Tapi mimin mau sampaikan agar untuk tidak melakukan telepon iseng atau laporan palsu. Karena @tangerangsiaga112 terhubung langsung dengan pihak @restrotangkot jadi jangan sampai terciduk ya dalam menyalahgunakan layanan publik 112,” tulis Arief memposting ulang @tangerangsiaga112.

Tidak hanya postingan berbentuk gambar, Arief juga kerap melaporkan langsung aktivitas kedinasannya melalui fitur live streaming di Instagram Stories dan fitur ”Go Live with a Friend”. Seperti namanya, fitur ini memungkinkan pengguna melakukan siaran langsung alias live bersama seorang teman dengan akun Instagram masing-masing.

Arief tak sungkan untuk mempublikasikan kegiatannya sebagai Walikota Tangerang, termasuk saat menghadiri acara Presiden Joko Widodo membagikan sertifikat tanah di Kota Tangerang Selatan belum lama ini. Kemudian live acara lembaga Internasional Council for Local Enviromental Initiatives (ICLEI) di Seoul, Korea Selatan. Ia didaulat sebagai pemateri dalam pertemuan bernama 2017 Seoul Mayors Forum on Climate Change (Forum Wali Kota Seluruh Dunia untuk Perubahan Iklim) pada 19-20 Oktober 2017.

Meski baru satu tahun menggunakan Instagram, namun aktivitas Arief lumayan banyak. Sebanyak 456 postingan sejak 24 November 2016 hingga kemarin. Jumlah pengikutnya pun tidak kalah dengan beberapa pejabat di negeri ini. Yakni 14.6 ribu followers dan mengikuti 137 orang. Ia juga aktif menyapa warganet melalui akun Twitternya, @AriefWismansyah. (Segan PS/RBG)