Olahraga paling murah dan hampir tanpa biaya adalah jogging. Namun masih banyak yang belum menjalani karena alasan malas. Padahal jogging bisa dilakukan di mana saja. Lokasi favorit sih adalah alun-alun kota. Selain ramai, juga bisa cuci mata. Tapi manfaatnya jauh lebih dari itu. Yuk disimak.

Menambah Stamina Tubuh

Dengan jogging dapat mengembalikan energi di dalam tubuh karena kelelahan bekerja. Sehingga dengan kegiatan jogging, tubuh Anda akan kembali fresh dan bersemangat untuk memulai pekerjaan.

Kulit Tubuh Lebih Cerah

Kok bisa? Iya, ketika jogging, toksin racun dalam tubuh akan keluar melalui pori-pori. Selain itu, dapat memperlancar proses metabolisme pada sel-sel kulit. Dengan begitu, maka kulit akan terlihat lebih cerah dari sebelumnya.

Membuat Tulang Kuat

Vitamin D dapat memperkuat tulang pada tubuh manusia. Tahukan Anda selain vitamin D, ternyata ada cara lain untuk memperkuat tulang. Cara tersebut ialah jogging. Dengan jogging, kepadatan mineral di dalam tulang meningkat. Ini berdampak baik terhadap kesehatan tulang agar lebih kuat dan menurunkan resiko cidera pada tulang.

Menyehatkan Jantung

Jogging dapat memperlancar sirkulasi darah dalam jantung. Apabila sirkulasi darah lancar, maka tekanan darah menjadi tetap stabil. Sehingga dengan olahraga jogging dapat menurunkan resiko penyakit pada organ jantung.

Melawan Diabetes

Diabetes melitus adalah penyakit yang ditandai dengan kadar gula darah/glukosa tinggi. Dalam batas normal, glukosa bisa menjadi sumber energi bagi otak dan juga sel-sel yang membentuk otot serta jaringan tubuh.

Diabetes pada anak muda biasanya disebabkan dengan gaya hidup yang tidak sehat. Makan sembarangan, jarang berolahraga, dan jam tidur yang berantakan. Salah satu cara untuk mencegahnya yakni dengan joging.

Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Dengan rutin joging, Anda bisa lebih sulit terserang penyakit karena bisa membantu meningkatkan kekebalan tubuh. Ketika joging, sel darah putih dan anti bodi yang berfungsi melawan bakteri, memiliki sirkulasi yang lebih baik dan cepat. Ini bisa membantu lebih cepat dalam mendeteksi penyakit.

Menghilangkan Stres

Ya, joging adalah salah satu cara efektif untuk mengusir rasa stres. Entah itu stres di kantor atau stres di kuliah. Ini merupakan salah satu cara efektif selain beryoga. Bila stres sudah menyerang, jogginglah di pagi hari. Setelahnya, kalian bisa merasa lebih relax dan berenergi.

Menurunkan Tekanan Darah

Untuk menjaga tekanan darah dalam angka normal, berolahraga adalah salah satu cara terbaik yang bisa dilakukan. Sebuah studi yang dilakukan pada sekelompok pria berumur, mereka yang sering berjalan atau jogging setiap harinya, bisa menjaga tekanan darah mereka. Sekarang ini, hipertensi sudah tak lagi dialami oleh yang berumur saja, tapi yang muda juga. Jadi, rajin-rajinlah berolahraga.

Membakar Kalori

Jogging dalam kecepatan sekitar 10 km/jam dalam waktu 30 menit, kalori yang terbakar kira-kira 290 sampai 365. Bila melakukan joging ditambah dengan diet yang tepat, berat badan pasti bisa turun. Tak hanya joging, melakukan aktivitas aerobik lainnya, kemungkinan mengalami obesitas semakin kecil.

Sebenarnya masih banyak manfaat jogging. Misalnya bersemangat sepanjang hari, meningkatkan produktivitas kerja, berumur lebih panjang, meningkatkan rasa percaya diri, lebih bisa bersosialisasi, dan menjadi pribadi yang giat. Bagaimana? Dengan manfaat sebanyak ini, Anda masih malas jogging. Murah loh. (Hilal Ahmad)