Niat Warga Nyambung dengan LKBA

0
810 views

CIKEUSAL – Sejak lama, warga RW 03, Kampung Sadanta, Desa Katulisan, Kecamatan Cikeusal, telah mulai menata kampungnya. Harapan warga untuk mengubah lingkungannya menjadi lebih baik ini sejalan dengan Lomba Kampung Bersih dan Aman (LKBA) Kabupaten Serang 2020. Makanya, warga antusias mengikutinya.

“Kami meminta sendiri untuk diikutkan LKBA, karena warga sudah lama, secara perlahan menata kampung untuk mengubah suasana kampung. Kebetulan ada LKBA, jadi rencana kami bisa selaras dengan program Pemerintah Kabupaten Serang,” kata Nanang Purwanto yang ditunjuk sebagai penggerak warga Kampung Sadanta.

Nanang mengakui, persiapan RW 03 untuk LKBA belum maksimal. Ia memperkirakan, tahapan penataan kampungnya baru 60 persen.

“Yang sudah terpasang baru gapura dan tempat sampah di setiap rumah. Sedangkan lainnya seperti taman bunga, masih dalam tahap pengerjaan. Kami masih mempersiapkan infrastrukturnya, belum digarap (pembuatan taman,” jelas Nanang.

Di taman bunga itu, warga berencana membuat hiasan dan fasilitas pendukung dari barang atau sampah bekas. Seperti tong bekas wadah lem dan ban truk bekas.

”Tong lem dan ban sudah kami cat, tapi masih belum dipasang karena masih fokus untuk pemagaran terlebih dahulu,” jelas Nanang.

Deni Sudanta, warga RW 03, menambahkan jika warga juga tengah membuat pos ronda. Katanya, setelah pembuatan pos ronda dan pemagaran rampung, warga baru membuat taman bunga.

“Sebetulnya pos ronda sudah ada, tapi dibuat baru agar lebih besar. Rencananya, taman ada di beberapa titik,” katanya. (rio/don)