Net. ILUSTRASI

SUKA mampir ke oldstuff clothing, toko vintage atau garage sale yang diadakan teman atau fashion blogger? Seperti dilansir laman gurl, barang-barang fashion yang seperti ini, lebih baik beli bekasnya lho!

Outerwear one of a kind unik seperti coat panjang bermotif bunga atau jaket dengan tempelan patch penuh dan mencolok, lebih baik beli bekas daripada baru. Kenapa? Soalnya akan jarang dipakai dan bisa jadi, setelah pakai kita merasa tidak cocok. Sayang kan, kalau mengeluarkan banyak uang untuk barang yang tidak akan sering-sering kita pakai? Alasan lainnya, kalau kita sangat suka baju unik, outer wear one of a kind seperti ini memang cuma ada di toko barang bekas.

Kemeja flannel terkenal klasik dan tidak pernah ketinggalan jaman. Karena bahan dan motifnya tahan lama, walau bekas kadang masih kelihatan oke. Harga baru dan bekasnya juga jauh berbeda. Dijamin, pasti ada yang jual kemeja flannel bekas.

Jaket jeans bekas yang masih bagus biasanya punya bahan dan kualitas baik. Alasan lainnya, karena udah pernah dipakai orang lain, jadi sudah nyaman dipakai dan jelas tidak kaku.

Suka bergaya vintage dan feminine? Banyak vintage dress second keren yang bisa kita beli dengan harga miring. Ketika dipakai, kemungkinan sama dengan orang lain cukup kecil.

Suka pakai oversized jacket? Misalnya parka. Banyak nih yang dijual second. Daripada beli baru dan harganya mahal atau bahannya kurang oke, coba hunting parka berbahan bagus. Karena mau kita pakai dengan gaya oversized, tidak masalah juga kita cari di bagian baju pria.

Cuaca tropis di negara kita terkadang membuat kita ingin membeli beanie. Sayangnya, benda ini jarang sekali momen untuk memakainya. Boleh juga kita beli beanie bekas, apalagi kalau modelnya unik dan layak beli!

Mau ikutan pesta kostum atau keperluan tampil di teater sekolah? Lebih baik beli yang bekas saja. Selain jauh lebih murah, kita tidak akan terlalu sedih ketika bajunya tidak pernah kita pakai lagi.

Selain memanfaatkan barang yang sudah kita punya di lemari, bisa juga kita beli T-shirt, dress, jaket atau bahan DIY bekas. Lagi pula, bila dalam eksperimen modifikasi gagal, kita tidak terlalu sakit hati. (gci/rbc)