Nih Dua Penyakit yang Sering Dikelukan Pemudik

0
1.870 views
Petugas kesehatan di Posko Mudik. (Miladi Ahmad/Tangerang Ekspres/JawaPos.com)

BAGI pemudik yang menempuh perjalanan jauh biasanya dihadapi dengan dua penyakit klasik. Kendati penyakit itu sering terjadinya, namun tetap saja para pemudik kerap bingung mengatasinya.

Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kota Batam, Anas Ma’ruf menyebutkan, mabuk dan pusing merupakan penyakit bagi orang yang mau mudik.

Untuk mengatasi masalah itu, kini Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kota Batam menyiapkan sedikitnya lima pos kesehatan untuk mengantisipasi pemudik yang mengalami masalah kesehatan saat akan berangkat. Posko itu disiapkan di bandara maupun pelabuhan.

Lima pos tersebut diantaranya Bandara Internasional Hang Nadim, Pelabuhan Domestik Sekupang (PDS) Pelabuhan Punggur, Pelabuhan Batamcenter, dan Pelabuhan Batuampar untuk penumpang kapal Pelni.

“Masing-masing pos ditugaskan enam petugas yang terdiri dari dokter, perawat, dan tenaga medis lainnya,” kata Anas seperti dilansir Batam Pos (Jawa Pos Group), Rabu (21/6).

Selain itu, pihak KKP juga menyiapkan beberapa peralatan medis untuk penyakit yang membutuhkan penanganan cepat seperti penyakit jantung, dan asma.

Sementara untuk menambah mobilisasi dalam penanganan pasien pihak KKP juga menyiapkan satu unit ambulan di masing-masing posko. Hal ini untuk membantu pasien menuju rumah sakit, jika ada yang membutuhkan rujukan. “Semua sudah siap menghadapi arus mudik, pemudik jangan lupa menjaga kesehatan sebelum mudik,” imbaunya.

Pria berkacamata ini mengimbau kepada pemudik untuk memperhatikan kondisi fisik sebelum berangkat, terutama mereka yang menggunakan angkutan laut, karena jaraknya lebih jauh, ditambah lagi tengah menjalankan ibadah puasa. “Minum suplemen makanan setelah sahur untuk menunjang kesehatan selama di perjalanan, dan perilaku hidup sehat,” sebutnya. (cr17/iil/JPG)