Nilai Minus RT 02 Ciolang Jaya: Tanaman Tidak Dirawat

TAKTAKAN – Penghijauan di RT 02 RW 01, Lingkungan Ciolang Jaya, Kelurahan Panggungjati, Kecamatan Taktakan, dinilai kurang. Namun, kampung ini tetap mendapat nilai positif dari partisipasi warganya saat menyambut Tim 12 Juri Lomba Resik Lan Aman (LRLA) Kota Serang 2020. Serta, karena saran tim juri saat penilaian tahap pertama telah dipenuhi.

RT 02 seolah menjadi penyelamat bagi nama baik Pemerintah Kelurahan Panggungjati. Soalnya, dua RT lainnya tidak siap menghadapi penilaian. Zonk! Kedua RT itu adalah RT 02 RW 03 di Lingkungan Panggungjati dan RT 01 RW 01 di Lingkungan Umbulkapuk.

Di RT 02, Lingkungan Ciolang Jaya, tim 12 disambut dengan cukup meriah. Pemuda RT ini yang tergabung dalam Sanggar wanda Banten menyajikan tarian penyambutan.

Menurut Nia Kurniatillah, juri dari perwakilan Forum Kota Serang Sehat, penataan lingkungan dan kebersihan RT 02 di Lingkungan Ciolang Jaya itu sudah bagus. ”Tapi, tanaman di ruang terbuka hijau (RTH) tidak dirawat dengan baik, sudah pada busuk,” katanya kepada Radar Banten, Selasa (1/9).

Kondisi itu, ungkap Rahmat Hidayat, juri dari perakilan Radar Banten, bisa mengurangi penilaian. Seharusnya, hal itu bisa dihindari. Warga bisa merawat tanaman. Sehingga, tetap tumbuh dengan baik. ”Tapi kalau penghijauan yang di depan gapura sih bagus. Ini cuma yang di RTH aja, enggak terawat,” tandasnya.

Dari segi keamanan, juri dari perwakilan Polres Serang Kota Ipda Rudi Purwanto mengaku puas dengan kesungguhan warga RT 02 menjaga keamanan kampungnya. Ronda malam di kampung ini berjalan dengan baik.

”Pas saya cek, oh, ternyata banyak yang jaga di pos ronda. Alat keamanannya juga lengkap,” katanya.

Menanggapi itu, Ketua RT 02 Ali Agus Gunawan mengakui jika penghijauan di kampungnya luput dari perhatian. ”Kita bakal secepatnya memperbaiki tanaman yang rusak dan bakal terus dirawat,” ujarnya.

Salah satu tokoh masyarakat RT 02, Beni Kusnandar, mengatakan, tanaman yang hampir mati itu akibat kemarau. ”Kita enggak kejar target juara. Yang penting, kesadaran warga menjaga lingkungan sudah terbentuk,” pungkasnya. (mg06/don)