Normalisasi Kalimati Butuh Rp300 Miliar

0
1992

SERANG – Normalisasi aliran Kalimati di Serang Utara tahun ini bakal dilanjutkan. Kebutuhan anggarannya, mencapai Rp300 miliar.

Sekadar diketahui, aliran Kalimati di Serang Utara, Kabupaten Serang dinormalisasi oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) pada 2019. Namun, pada 2020 kegiatan tersebut sempat terhenti.

Normalisasi aliran Kalimati berdasarkan pengajuan dari Pemkab Serang. Tujuannya, untuk penyediaan bahan baku air bersih di wilayah Serang Utara.

Kepala Balai Besar Wilayah Sungai Cidanau Ciujung Cidurian (BBWSC3) Saroni Sugiarto mengatakan, pihaknya tahun ini akan melanjutkan normalisasi Kalimati yang sempat terhenti.

Ia mengatakan, panjang aliran Kalimati yang akan dinormalisasi yakni 8,5 kilometer. Saat ini, baru dinormalisasi sepanjang 2 kilometer. “Kita targerkan 2023 sudah selesai,” katanya saat meninjau aliran Kalimati bersama Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah, Rabu (10/2).

Ia mengatakan, untuk menormalisasi aliran Kalimati, dibutuhkan anggaran hingga Rp300 miliar. “Kebutuhan total sekitar Rp290 miliar sampai Rp300 miliar,” pungkasnya. (ABDUL ROZAK)