NU Tegaskan Netral Pada Pilgub Banten

0
514 views

SERANG- Organisasi Nahdatul Ulama menyatakan pihaknya bersikap netral dalam pemilihan kepala daerah Provinsi Banten. Sampai saat ini NU tegas tidak memihak salah satu paslon yang terdaftar di KPU Banten. Hal itu terungkap saat ratusan massa NU berkumpul memperingati harlah NU ke -91 di Alun-alun Barat, Kota Serang, Selasa(31/1).

“Kami organisasi NU menegaskan tidak memihak salah satu pasangan calon di pilgub Banten. Terlepas itu semua warga NU bebas memilih siapa saja sesuai hati nurani mereka sendiri. Tidak ada provokasi apapun pada warga NU untuk memihak. Semua mempunyai hak untuk memilih pemimpin Banten sesuai pilihan masing-masing,” ujar ketua PC NU Kota Serang Matin Syarkowi usai acara.

Matin mengungkapkan, biarlah organisasi yang lain mendukung pasangan calon Gubernur Banten, namun dalam hal ini sikap NU jelas independen tidak memihak salah satu pasangan calon manapun. Warga NU bebas memilih dan yang terpenting ialah jangan sampai ada kericuhan dalam tubuh NU hanya karena beda pilihan calon gubernur. “Untuk itu kami himbau pada warga NU jangan sampai ribut-ribut gontokan karena beda pandangan politik. Kita harus tetap bersatu. Mari kita pilih sesuai hati nurani. Dan jangan sampai golput. Karena ini hak kita untuk memilih pemimpin Banten ke depan,” ujarnya.

Senada, Ketua PWNU Banten Sholeh Hidayat juga menyampaikan bahwa pemilih pada jaman sekarang masyarakatnya sudah cerdas-cerdas. Jadi pihaknya juga tidak memaksakan warga untuk memihak paslon gubenur. Semua warga NU bebas memilih siapapun sesuai hati nuraninya. “Yang terpenting bagi warga NU sekarag adalah kita meneguhkan komitmen kebangsaan dalam bingkai NKRI. Terkait Pilgub para pemilih sudah cerdas. Jadi hak pilih, mereka yang menentukan masing-masing,” ujarnya saat sambutan.

Sementara itu Walikota Serang Tb Haerul Jaman mengimbau pada warga NU untuk terus mengawal pembangunan ibu kota Banten yaitu Kota Serang. Menurutnya NU banyak membantu dalam mengisi pembangunan di Kota Serang. Untuk itu terkait pilgub Banten pihaknya mengajak massa NU untuk menjaga kondusifitas pesta demokrasi di Banten.” Terkait pilkada Banten kami harap warga NU Banten dapat memilih pasangan yang membawa kesejahteraan Banten. Dan membawa generasi muda Banten menjadi lebih baik lagi,” ujarnya dalam sambutan. (Adef)