Nuansa Hijau RW 01 Desa Sindangmandi

0
270 views

BAROS – Tanaman segar nan hijau dipadupadankan dengan warna senada pagar di pinggir jalan. Warga melakukannya untuk memberikan yang terbaik bagi kampungnya, RW 01, Desa Sindangmandi, Kecamatan Baros.

Warga RW 01 bertekad untuk bisa bersaing dengan 1.510 RW lain di dalam Lomba Kampung Bersih dan Aman (LKBA) Kabupaten Serang 2020. Penataan menyeluruh bakal dilakukan di RW dengan tiga kampung ini.

“Penataan di RW 01 mencakup tiga RT dan tiga kampung, Simayeng, Sigeger, dan Kampung Baru. Warga tiga RT itu sudah sejak dua bulan terakhir melakukan penataan. Pemagaran sudah selesai, taman toga (tanaman obat keluarga-red) dibuat di lokasi yang dulunya dijadikan tempat pembuangan sampah warga. Kami akan mengutamakan penghijauan,” tegas Dahuri, Kepala Desa Sindangmandi, Kamis (15/10).

Kegiatan gotong royong warga RW ini memang belum rampung. Namun, nuansa hijau sudah terasa.

Warga telah menempatkan beberapa jenis tanaman hias di pinggir jalan. Hijau daun tanaman ini diselaraskan dengan hiasan berbentuk tanaman bunga dari botol plastik bekas kemasan minuman. Hiasan dari proses daur ulang sampah anorganik di ditata, ditempatkan berjejer di pagar bambu. Pagar ini juga didominasi cat warna hijau.

Saat ini, lanjut Dahuri, warga RW 01 tengah fokus merampungkan pembuatan taman selfie. Warga RW 01 berniat menjadikan taman selfie itu sebagai tempat wisata alternatif bagi warga lokal.

“Penataan diperkirakan sudah mencapai 70 persen. Warga, siang-malam menata RW 01. Semua warga dari tiga RT turun bergotong royong.”

“Yang masih belum selesai itu taman selfie, taman baca, lapangan badminton, sama penghijauan di sebagian RT 02. Warga juga ada yang membuat bak sampah dari bambu. Ibu-ibu PKK memanfaatkan botol plastik untuk dijadikan hiasan pagar berbentuk bunga. Masih banyak yang sudah kami rencanakan, belum selesai. Tapi kami optimis bisa selesai karena warga semangat gotong royongnya,” tutur Dahuri.

Sementara, Ketua RT 01 RW 01 Ahmad Sayuti mengatakan bahwa kampungnya juga akan dibuat lebih berwarna dengan tanaman bunga. Tanaman tersebut masih disimpan. Belum ditata di pinggir jalan karena pekerjaan fisik belum selesai.

“Kalau taman sudah selesai, baru bunga-bunga akan dipasang,” ujar Sayuti. (rio/don)