Nuansa Wisata di RT 02 Karodangan Makin Terasa

0
1.774 views

TAKTAKAN – Kawasan wisata semakin terasa di RT 02 RW 03, Lingkungan Karodangan, Kelurahan Sepang, Kecamatan Takatakan. Setelah penilaian tahap pertama Lomba Resik Lan Aman (LRLA) Kota Serang 2020, peningkatan penghijauan dan jaminan keamanan menjadi acuan di perkampungan ini.

Ketua RT 02 Syarifudin mengatakan, sejak ada LRLA, warganya semakin semangat. Kompak memaksimalkan potensi wisata alam di lingkungannya. “Sekarang, hasil penataan luar biasa. Nuansa wisata jadi makin kerasa,” katanya kepada Radar Banten, Jumat (5/6).

Dijelaskan Syarifudin, warganya pun kompak berswadaya menambah anggaran biaya penataan kampung. Ada yang menyumbang bibit tanaman, pohon bambu, ban bekas, serta menggalang iuran sebanyak tiga kali. “Semangat gotong royongnya luar biasa,” ujarnya.

Nuansa wisata di RT 02, kata Syarifudin, akan makin terasa saat sore dan malam hari. Tulisan “Kp Wisata Karodangan” berukuran besar menyambut siapa pun di bagian depan RT ini. Pagar bambu warna-warni, lengkap dengan tanaman hijau di pot dari ban bekas, terpasang di pinggir sepanjang jalan 200 meter. Keasrian RT 02 yang telah dinobatkan sebagai Kampung Wisata oleh Pemkot Serang pun lengkap. “Ini semua hasil inisiatif warga,” jelas Syarifudin.

Warga RT 02 tak hanya fokus pada penataan lingkungannya. Peralatan kemanan di pos ronda dilengkapi. Seperti, borgol, kentongan, pentungan, alat pemadam api ringan, jadwal ronda. “Tinggal memasang nomor (telepon-red) keamanan aja yang belum,” ujarnya.

Syarifudin juga mengaku sedang mengurus surat keputusan (SK) pembentukan kelompok sadar hukum dan kelompok pemuda penggerak lingkungan di RT 02. Warga bertekad untuk melengkapi semua kriteria penilaian lomba.

“Nanti kita juga buat buku dokumentasi swadaya dan foto gotong royong,” ungkapnya.

Lurah Sepang Haeruji mengimbau agar warga rutin gotong royong setiap pekan hingga penilaian LRLA tahap kedua, Agustus 2020. Apa yang masih kurang harus dilengkapi, bukan hanya soal penataan, tapi juga keamanan.

“Semoga, nanti tim juri puas dengan hasil gotong royong warga,” harap Haeruji. (mg06/don)