ODGJ Bakar Al Qur’an di Masjid Baiturrahman Cikeusal

0
1922

SERANG – Warga digegerkan oleh pembakaran 1 (satu) buah Al-Quran di Masjid Baiturahman di Kampung Pabuaran Sukaratu, Desa Sukaratu, Kecamatan Cikeusal, Rabu (10/3) pukul 06.30 WIB.

Berdasarkan pemantauan di CCTV, pelaku mengenakan kaos merah dan topi hitam berjalan di jalan depan lalu masuk kedalam masjid. Pelaku kemudian membakar satu buah al quran.

Tak lama kemudian, asap yang ditimbulkan dari pembakaran quran itu tercium oleh Ridwan, warga setempat yang tak sengaja hendak mengambil air di kolam masjid.

Selanjutnya Ridwan mengajak saksi lain yaitu Emed untuk masuk kedalam masjid untuk memastikan sumber asap tersebut berawal dari mana asalnya, setelah dilakukan pengecekan bahwa Ridwan melihat adanya api yang menyala di arah depan sejadah di bagian imam dan melihat bahwa yang terbakar merupakan Al-Quran serta adanya tulisan ditembok samping tempat imam Al- Quran ini oleh Gojoni Go Joni Go jil/Jaringan Islam Liberal Pengen Viral Membakar Al-Qurab di Masjid Baiturahaman

Ridwan kemudian mengumumkan kejadian tersebut melalui speaker masjid dan melaporkan kejadian ke Polsek Cikeusal. Aparat kepolisian setempat pun kemudian berhasil mengamankan diduga pelaku pembakaran atas nama Yahya Als Gonzales Yusuf, warga Kampung Gagaden, Desa Tambiluk, Kecamatan Petir.

Camat Cikeusal Iman Saiman mengatakan, pelaku merupakan orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) dan sebelumnya melakukan hal sama di Kecamatan Petir. “Pelaku sudah diamankan oleh aparat kepolisian di Polres Serang,” katanya.

Terkait kejadian ini, Iman mengaku tak sampai memicu amarah dan keributan warga. “Situasi di lokasi kejadian saat ini sudah kondusif,” tegasnya.(Haidar)