Olahraga Berlari Ternyata Baik untuk Kinerja Tulang Anda

JIKA Anda suka bersepeda dan latihan lainnya, ini tentu menjadi kabar baik. Menurut sebuah penelitian, berlari bisa membuat kinerja tulang menjadi lebih baik.

“Manusia normal perlu latihan moderat untuk menjaga kesehatan. Namun, mereka yang berisiko tulang lemah, perlu berlari daripada berenang atau bersepeda,” kata pemimpin penulis, Giovanni Lombardi, seperti dilansir laman India Times, Kamis (30/6).

Kemudian, para peneliti mengukur glukagon, leptin dan insulin, hormon yang terlibat dalam mengatur metabolisme serta tingkat osteocalcin dan P1NP (protein yang terkait dengan pembentukan tulang). Penelitian itu dilakukan kepada 17 pelari sebelum dan sesudah mereka berlari sejauh 65-km.

Peneliti membandingkannya dengan hormon dan konstituen tulang 12 orang dewasa pada usia yang sama, yang tidak suka melakukan olahraga.

Hasil temuan menunjukkan, bahwa pelari ultramaraton memiliki kadar glukagon dan menurunkan kadar leptin dan insulin saat menyelesaikan lomba dibandingkan dengan kelompok kontrol.

“Penelitian kami menunjukkan bahwa tulang tidak hanya berbaring menganggur, tetapi secara aktif berkomunikasi dengan organ dan jaringan lain untuk mendorong kebutuhan energi tubuh,” pungkas Lombardi.

Hasil penelitian ini telah dipresentasikan pada 2016 European Congress of Endocrinology di Munich, Jerman. (fny/chi/jpnn)