Ombak Capai Tiga Meter, Nelayan Sumur Nganggur

0
856

SUMUR – Puluhan nelayan Kecamatan Sumur sejak tiga hari terakhir yakni Jumat-Minggu (2-4/4) tidak melaut. Kondisi itu terjadi karena ketinggian ombak dilaut lepas setinggu dua sampai tiga meter akibat cuaca buruk.

Lalang (30) nelayan asal Kampung Nelayan, Dssa Sumberjaya, Kecamatan Sumur mengatakan, cuaca buruk yang terjadi menyebabkan para nelayan enggan untuk melaut karena khawatir perahu yang digunakan tergulung ombak. “Mau enggak mau kita enggak melaut dulu buat nangkap ikan. Kalau kita paksakan, takutnya terjadi apa-apa,”katanya, kemarin.

Lalang mengaku, mengalami kerugian hingga jutaan rupiah karena tidak menangkap ikan di laut lepas. Untuk menutupi kebutuhan sehari-hari, dirinya menggadaikan beberapa barang berharga. “Mau bagaimana lagi, kita kan enggak melaut. Kalau modal melaut kita pakai, bisa-bisa kita enggak bisa nangkap ikan lagi. Kalau enggak menghutang dulu buat makan, ya kita gadaikan barang berharga yang ada,” katanya.

Muhammad Nurdin (35) nelayan lainnya mengatakan, hasil tangkapan ikan mengalami penurunan pada saat cuaca buruk. “Kalau saya nyoba maksain, tetapi memang hasilnya kurang bagusml. Kalau enggak melaut, ya mau bagaimana lagi kan dapur kita harus tetap mengepul,” katanya.(Adib)