Ombudsman Diminta Kritisi Kepolisian

SERANG – Kapolda Banten Irjen Pol Agung Sabar Santoso melakukan kunjungan ke Kantor Ombudsman Perwakilan Banten. Kunjungan itu dilakukan untuk memperkuat kerja sama kepolisian dengan lembaga pengawas pelayanan publik di daerah.

Kedatangan rombongan Kapolda Banten diterima langsung Kepala Ombudsman Banten, Dedy Irsan didampingi Asisten Ombudsman dan jajaran. Ada yang unik dalam pertemuan tersebut. Itu lantaran pimpinan kedua lembaga ternyata sama-sama baru memimpin di wilayah Banten. Irjen Pol Agung Sabar Santoso secara resmi menjadi Kapolda Banten pada 8 Januari, sementara Dedy Irsan secara resmi menjadi Kepala Ombudsman Banten satu pekan sebelumnya tepatnya pada 2 Januari 2020.

Dalam pertemuan tersebut, Kapolda Banten Irjen Pol Agung Sabar Santoso meminta Ombudsman Banten tetap kritis mengawasi pelayanan publik yang ada di kepolisian. “Kita harapkan masukan dan kritikan dari Ombudsman, sehingga kepolisian semakin profesional melayani masyarakat,” kata Agung kepada wartawan, Senin (13/1).

Ia menambahkan,  kunjungannya ke Ombudsman Banten masih dalam rangkaian silaturahmi antara kepolisian dan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) serta instansi terkait lainnya. “Sebagai pejabat baru, saya awali dengan silaturahmi agar saling kenal,” tuturnya.

Agung berharap, kerja sama yang telah terjalin antara kepolisian dengan Ombudsman di tingkat pusat bisa terus ditingkatkan ke tingkat daerah. “Kami mengapresiasi kinerja Ombudsman selama ini, semoga kita sama-sama bisa meningkatkan kinerja,” paparnya.

Sementara Kepala Ombudsman Banten, Dedy Irsan mengapresiasi kunjungan Kapolda Banten ke kantornya. “Saya sebetulnya mau berkunjung ke Polda Banten dalam waktu dekat, tapi ternyata hari ini (kemarin-red) Pak Kapolda berkunjung duluan. Tentu kita agendakan untuk melakukan kunjungan balasan,” ujarnya.

Terkait permintaan Kapolda Banten agar Ombudsman Banten tetap kritis, Dedy mengaku pihaknya akan tetap memberikan saran dan masukan kepada semua lembaga yang menyelenggarakan pelayanan publik sesuai tugas dan fungsi Ombudsman. “Silaturahmi ini menjadi langkah awal koordinasi dan komunikasi. Kami siap mengawal dan memberikan masukan agar kepolisian meningkatkan layanan publik terutama dalam pembuatan SIM dan sebagainya,” ungkapnya. (den/air/ags)