Toko perlengkapan haji dan umrah di Pasar Rau.

SERANG –  Penjualan perlengkapan ibadah haji di sejumlah toko di Pasar Induk Rau Kota Serang naik hingga dua kali lipat menjelang keberangkatan calon jamaah haji ke Tanah Suci.

“Penjualan perlengkapan haji meningkat tajam. Peningkatan hingga dua kali lipat. Banyak juga dari luar Kota Serang yang beli. Selain baju muslim warna putih, juga banyak yang cari warna hitam untuk di pakai di Arab, ” kata Dedeh Nanang, pedagang perlengkapan haji di Pasar Rau, Jumat (5/8).

Saefullah, pedagang perlengkapan haji lain, juga mengaku omsetnya naik.  “Sejak minggu lalu ramai pengunjung. Apalagi Sabtu dan Minggu, omset naik. Dapat Rp30 juta sampai Rp40 juta per hari,” ujarnya.

Di luar momen ibadah haji, lanjut Saefullah, omset rata-rata Rp10 juta per hari. Para pembelinya yaitu orang-orang yang akan ibadah umrah dan para pedagang dari Cilegon, Pandeglang, dan Lebak. “Mereka langganan. Pesan dan beli di sini untuk dijual lagi,” katanya.

Produk yang dijual, lanjut dia, ada produksi lokal dan impor. Soal harga, tergantung model dan bahan. Bahan berkualitas, harganya tentu lebih mahal. (Ade F)