Open Bidding Asda I dan Kepala Dindikbud: Seluruh Peserta Diikutsertakan

SERANG – Panitia seleksi (pansel) jabatan pimpinan tinggi (JPT) Pratama di lingkup Pemprov Banten akhirnya melanjutkan proses open bidding atau seleksi terbuka. Kemarin, pansel menggelar rapat pleno dan memutuskan seluruh peserta open bidding untuk jabatan Asda I dan kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) diikutsertakan.

“Seluruhnya (peserta-red) diikutsertakan agar tidak menimbulkan polemik,” ujar Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Banten Komarudin melalui telepon seluler, kemarin.

Semua peserta akan mendapatkan kesempatan yang sama. Hal itu tertuang dalam pengumuman tes penulisan makalah seleksi terbuka calon pejabat pimpinan tinggi Pratama Nomor 012-PANSEL.JPTP/2020. Dalam surat itu, para peserta akan diikutkan pada tahapan selanjutnya, yakni penulisan makalah. Untuk jabatan Asda I, ada sembilan pejabat yang akan ikut serta. Sedangkan jabatan kepala Dindikbud akan diikuti enam pejabat.

Seperti diketahui, pansel sempat menghentikan tahapan seleksi terbuka lantaran pejabat yang mendapatkan nilai minimal 70 pada tahap asesmen tidak mencapai tiga orang di setiap jabatan. Namun, Komisi ASN (KASN) merekomendasikan agar proses open bidding kembali dilanjutkan.

Untuk itu, lanjut Komarudin, seluruh peserta akan mengikuti tes penulisan makalah pada Selasa (28/1) dan tes wawancara pada Kamis (30/1). Setelah itu, pansel akan kembali melakukan rapat pleno untuk menentukan hasil akhir. “Sembari dua tes lagi berjalan, rekam jejak juga tetap berlangsung,” tuturnya. Setelah ada tiga nama, pansel baru akan menyampaikan ke KASN kemudian ke Gubernur Banten selaku pejabat pembina kepegawaian untuk mendapatkan rekomendasi.

Dia juga mengatakan, para pejabat yang sudah menduduki jabatan selama lima tahun tidak serta merta dicopot. “Kami evaluasi dulu, bisa saja diperpanjang atau tidak, tergantung hasil evaluasi,” ujarnya.

Diketahui, berdasarkan catatan BKD, ada empat pejabat eselon II yang sudah menduduki jabatan selama lima tahun. Keempatnya, yakni Kepala Dinas Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Provinsi Banten Eko Palmadi, Kepala Biro Organisasi Pemprov Banten Dian Wirtadipura, Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Provinsi Banten Endrawati, serta Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Provinsi Banten Suyitno. (nna/alt/ira)