Operasi Patuh Kalimaya Tanpa Razia

0
1.019 views
Para pengendara mendadak berbalik arah setelah mengetahui ada Operasi Zebra Kalimaya 2018 di Jalan Veteran, Kota Serang, Rabu (31/10). Aksi berbalik arah itu menyebabkan pengendara terjatuh karena terlibat kecelakaan dengan pengendara lain.

SERANG- Operasi Patuh Kalimaya 2020 mulai digelar Kamis (23/7) mendatang. Berbeda dari tahun sebelumnya, operasi kali ini petugas tidak menggelar razia.

Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Banten Komisaris Besar (Kombes) Pol Rudy Purnomo mengatakan, jajarannya telah diperintahkan untuk melakukan tindakan preemtif, preventif, dan tindakan persuasif.

“Tidak ada razia hanya mengedepankan preventif dan preemtif untuk penindakan yang kasat mata dan tematik saja,” kata Rudy Jumat (17/7).

Selain bertujuan menjaga keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran (kamseltibcar) berlalu lintas, operasi yang digelar hingga 5 Agustus mendatang itu untuk mendisiplinkan warga.

“Dan orientasi kita mendisiplinkan masyarakat untuk menerapkan protokol kesehatan Covid-19, pada saat operasi,” ujar Rudy.

Kata Rudy, meski tanpa razia, tindakan tilang tidak dilarang. Namun, tetap harus mengedepankan tindakan humanis, seperti menargetkan pelanggaran apa yang akan ditindak dan sosialisasikan kepada masyarakat. “Misalnya melawan arus, tidak menggunakan helm,” kata Rudy.

Rudy mengingatkan seluruh personelnya untuk mengenakan alat pelindung diri (APD) selama operasi digelar.

“Begitu juga dengan pengendara, selain lengkapi dokumen kendaraan, ikuti rambu dan jangan lupa pakai masker,” tutur Rudy. (mg05/nda)