Optimalisasi PPID, Wujudkan Keterbukaan Publik

SERANG – Pemerintah Kota Serang melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Serang mengoptimalisasikan peran pejabat pengelola informasi dan dokumentasi (PPID) Kota Serang. Dengan adanya Diskominfo yang terbentuk tahun ini, keterbukaan publik di Kota Serang dapat lebih baik.

Kepala Diskominfo Kota Serang Hamsin mengatakan, terbentuknya Diskominfo diharapkan dapat membenahi persoalan yang terjadi terkait informasi di Kota Serang. “Kami juga akan membuat regulasi terkait wewenang PPID,” ujar Hamsin di sela-sela rapat koordinasi PPID di salah satu hotel di Kota Serang, Senin (8/5).

Tak hanya itu, pihaknya juga akan memperbanyak dan memperluas jaringan dengan membentuk PPID pembantu. Hal itu dilakukan karena banyaknya pengaduan dan permintaan informasi yang masuk ke Kota Serang. Selain itu pembentukkan PPID pembantu juga dimaksudkan agar penyebaran informasi pembangunan di Kota Serang dapat tersebar luas. Selain itu, dalam waktu dekat, pihaknya juga akan kembali mengaktifkan kelompok informasi masyarakat.

Asda III Pemkot Serang Dudung BP mengatakan, apabila ada pihak yang meminta informasi, maka organisasi perangkat daerah (OPD) harus dapat memilah informasi yang diperbolehkan dan dikecualikan. Untuk itu, kunci sukses dari setiap OPD adalah PPID. “PPID di OPD itu harus menyampaikan informasi yang benar,” tuturnya.

Kata dia, keterbukaan informasi publik merupakan tuntutan yang tidak bisa dielakkan badan publik, termasuk pemerintah daerah. Hal ini berkaitan dengan pelaksanaan Good Governance dan Clean Government. Penerapan e-Gov di Pemkot bukan hanya sekedar amanah Undang-undang Keterbukaan Publik, tapi merupakan kebutuhan untuk meningkatkan kualitas layanan publik dan juga untuk meningkatkan penataan sistem manajemen dan proses kerja di lingkungan pemerintahan. (ADVERTORIAL/DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA KOTA SERANG)