Optimalkan Pajak, Pemkot Serang Gandeng Minimarket

Sekda Kota Serang Tb Urip Henus didampingi Kepala BPKAD Kota Serang Adang Darmawan bersama perwakilan Bank bjb melakukan pembayaran PBB di sebuah minimarket, Senin (5/3).

SERANG – Untuk mengoptimalkan pendapatan asli daerah (PAD) dari sektor pajak bumi dan bangunan (PBB), Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kota Serang menggandeng minimarket untuk proses pembayaran. Selain itu, pembayaran pajak melalui minimarket juga sebagai upaya Pemkot Serang melakukan pencegahan pungutan liar (pungli) yang dilakukan petugas.

Kepala BPKAD Kota Serang Adang Darmawan mengatakan, tahun ini masyarakat dapat membayar PBB tahunan di minimarket yang ditunjuk. “Selama ini pembayaran hanya dilakukan di Bank bjb dan ATM (anjungan tunai mandiri), tapi sekarang bisa dibayar di minimarket,” ujar Adang saat peluncuran pembayaran PBB, Senin (5/3).

Adang mengatakan, pembayaran melalui minimarket adalah bentuk peningkatan pelayanan kepada masyarakat. Dengan begitu, masyarakat disuguhkan dengan sejumlah pilihan untuk proses pembayaran PBB. Namun, perlu diketahui masyarakat bahwa pembayaran di minimarket dikenakan biaya administrasi Rp5 ribu.

“Lagi-lagi ini soal pilihan. Masyarakat mau ke bank atau cukup di minimarket yang dekat rumah masing-masing,” tuturnya. Namun, diharapkan dengan mendekatkan pelayanan kepada masyarakat, target PBB tahun ini sebesar Rp22 miliar dapat tercapai. Apalagi, realisasi untuk buku I, II, dan III yang nilainya di bawah Rp100 ribu.

Sekda Kota Serang Tb Urip Henus juga berharap peningkatan pelayanan yang dilakukan Pemkot Serang melalui BPKAD yang bekerja sama dengan Bank bjb dan minimarket dapat meningkatkan kesadaran masyarakat untuk membayar PBB. “Mudah-mudahan PAD tidak macet dan masyarakat bisa bayar sebelum jatuh tempo demi pembangunan Kota Serang,” ujarnya.

Urip juga berharap, pengusaha-pengusaha lain dapat bekerja sama dengan Pemkot untuk mempermudah pelayanan kepada masyarakat. “Saya mengucapkan terima kasih kepada pihak-pihak yang sudah bekerja sama dengan Pemkot,” tuturnya. (Rostinah/RBG)