SISTEM operasi smartphone (OS) kini akan bertambah banyak. Kabar yang dilansir Ubergizmo, memunculkan satu OS terbaru yang dibuat OnePlus, dengan nama OxygenOS.

Kehadiran OxygenOS siap menyaingi OS platform yang sebelumnya sudah ada. Yakni Android, iOS, BlackBerry, dan Windows Phone.

Nama OxygenOS dicomot berdasar keberadaan oksigen yang ada disekitar kehidupan. Tentunya oksigen bersifat fleksibel, alami, sederhana, dan dibutuhkan semua makhluk hidup.

ROM OxygenOS akan diluncurkan dalam waktu dekat dengan format open atau terbuka, customizable dan bebas dari fitur-fitur yang tidak diperlukan. Rencananya, OnePlus akan memperkenalkan OS terbaru ini pada 12 Februari mendatang.

Sebetulnya, OnePlus sempat bermasalah dengan Cyanogen yang menjalin kesepakatan eksklusif dengan Micromax, sebuah produsen smartphone asal India.

Ada unsur kesengajaan pemberian nama OxygenOS dengan Cyanogen yang memiliki kemiripan nama. Metode pengunduhan OS ini akan diumumkan bersamaan dengan peluncurannya. Pihak OnePlus belum mengumumkan aplikasi yang bisa diterapkan di OS terbarunya. Selamat mencoba. (ubg/rif/awa/jpnn)