Pabean Mendekati Sempurna

KRAMATWATU – Sinergisme dan semangat gotong royong Pemerintah Desa Terate, Kecamatan Kramatwatu, dan warga RW 03, Kampung Pabean, membuat hasil penilaian tim juri mendekati semua kriteria lomba. Penilaian dilakukan oleh tim 10 juri Lomba Kampung Bersih dan Aman (LKBA) Kabupaten Serang, Senin (2/12).

Susanti Diani, tim juri perwakilan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Serang mengatakan, dalam hal kebersihan, lingkungan Pabean sudah banyak mengalami peningkatan dibandingkan saat penilaian tahap pertama. “Lingkungannya makin bersih,” tegasnya kepada Radar Banten.

Pemerintah desa dan warga telah memenuhi saran tim juri saat penilaian tahap pertama. Saat ini, setiap rumah warga telah dilengkapi tempat sampah. Pabean pun bebas sampah plastik. “Bahkan, sekarang, tanaman hias dan bunga jadi lebih banyak,” ujar Susanti.

Hanya saja, menurut Susanti, masih ada beberapa kekurangan sehingga Pabean belum bisa memenuhi semua kriteria penilaian. Yakni, sampah di kampung itu masih dibakar oleh beberapa warganya. Kelompok sadar lingkungan juga belum disahkan melalui surat keputusan (SK) kepala desa.

“Kalau ibu-ibu kelompok sadar lingkungannya sih sudah ada. Tinggal SK-nya belum. Tapi, secara keseluruhan sudah oke sih,” kata Susanti.

Iptu Dadang, tim juri perwakilan dari Polda Banten menambahkan, keamanan di Pabean masih terjaga. Tiga bulan terakhir, belum pernah terjadi kriminalitas. Dua pos ronda di kampung itu sudah dilengkapi peralatan keamanan seperti pentungan dan borgol. Nomor telepon darurat, buku tamu, dan jadwal ronda juga tersedia.

“Keamanannya bagus. Warga dan bhabinkamtibmas serta babinsanya kompak, Pabean mendekati sempurna lah,” cetus Dadang.

Kepala Desa Terate Irfan menyampaikan ucapan terima kasih kepada tim juri LKBA 2019 yang sudah memberi saran tentang kebersihan dan keamanan lingkungan di Pabean. “Alhamdulillah, semua biaya untuk menata kampung ini dari swadaya warga,” jelasnya.

Irfan mengakui, lomba yang digagas oleh Radar Banten, Pemkab Serang, Polda Banten, dan Korem 064 Maulana Yusuf Serang ini bagus dan bermanfaat bagi warga. Tak hanya menumbuhkan kesadaran warga untuk menjaga kebersihan dan keamanan lingkungannya, lomba juga memotivasi warga untuk menerapkan pola hidup sehat.

“Warga di kampung lain di Desa Terate pada pengin ikut lomba ini. Semoga, tahun depan dan tahun selanjutnya akan terus berlangsung,” harapnya. (mg06/don/ira)