Pacar Lama Pengganggu Rumah Tangga

Love Story

Love Story
Ilustrasi Love Story (Dok: RB)

Pacaran itu jangan berlebihan, sebab kalau pacaran sampai kebablasan bisa repot urusannya. Sudah berdosa, bisa masuk neraka, juga meninggalkan sakit hati ketika putus. Apalagi kalau si pacar putus karena mau menikah dengan orang lain. Bisa-bisa yang sakit hati akan mengganggu rumah tangga mantan pacarnya itu.

Hal ini terjadi pada rumah tangga Isa (28), nama samaran. Kisah rumah tangganya dengan Bella (25), juga nama samaran, berakhir karena kehadiran wanita lain. Wanita tersebut adalah Aisyah (27), juga nama samaran. Ia tidak lain mantan pacar Isa yang merasa tersakiti. “Isa selingkuhi saya dengan perempuan itu,” ujar Bella.

Bella mengetahuinya setelah menerima informasi dari seseorang. Kata temannya itu, Aisyah memasang foto kemesraannya dengan Isa di salah satu media sosial (medsos). “Di medsos dia pasang foto suami saya. Lalu dilihat dari status-statusnya, sepertinya Isa masih sering bertemu. Dari situlah saya tahu perselingkuhan itu,” katanya.

Lantaran ada bukti, Bella membawa kasus itu ke Pengadilan Agama. Ia mengajukan gugatan cerai, proses perceraian mereka tidak berlangsung lama. Dari hasil beberapa mediasi selama proses perceraian, diketahuilah latar belakang perselingkuhan tersebut. Menurut Bella, ini semua terjadi karena hubungan Isa dan Aisyah yang terlalu jauh. “Saat pacaran, Aisyah sudah sampai memberikan raganya kepada Isa. Makanya ketika Isa menikahi saya, Aisyah tidak rela. Dia terus mengganggu Isa, bilangnya minta pertanggungjawaban,” ujar Bella.

Secara runut, ini terjadi ketika Isa masih kuliah di sebuah universitas swasta. Di saat yang sama Aisyah bekerja di sebuah lembaga pendidikan di Rangkasbitung. Entah seperti apa pertemuan mereka, namun Isa dan Aisyah saling jatuh cinta. Mereka kemudian berpacaran selama hampir lima tahun lamanya. “Mereka pacaran lama, hampir lima tahun,” terangnya.

Selama berpacaran, berbagai persoalan sempat mendera hubungan Isa dan Aisyah. Isa yang berkulit putih dan ganteng kebetulan banyak digandrungi para wanita. Hal tersebut membuat Isa seringkali selingkuh hati. Ia menjalin hubungan dengan wanita lain namun wanita itu tidak pernah diberikan harapan. “Isa katanya punya banyak perempuan, tapi kebanyakan tanpa ikatan. Hanya dengan Aisyah dia resmi pacaran,” tuturnya.

Aisyah sering menjadi korban perasaan Isa. Namun karena cinta, Aisyah tetap setia dan mencoba mengerti akan kebiasaan Isa yang senang main perempuan. “Sering diselingkuhi, tapi disabari terus,” jelasnya.

Faktor cinta bukan satu-satunya alasan Aisyah. Ia tidak mau meninggalkan Isa karena sang pacar telah menguasai jiwa raganya. Bahkan selama berpacaran, hubungan mereka sudah layaknya suami istri. Dalam percakapan pun sama, Aisyah disebut mamih dan Isa papih. “Di medsos itu pun, saya baca mereka mamih papih gitu,” tutur Aisyah.

Nah, ketika hubungan mereka hampir menginjak empat tahun, Isa menyatakan keseriusannya dengan Aisyah. Ia membawa pacarnya ke hadapan orangtua, Isa mengatakan ingin menikahi pacarnya. Menanggapi hal tersebut, orangtua Isa merespons baik. Ia merestui niatan mereka untuk berlanjut ke jenjang berikutnya.

Namun di tengah-tengah rencana besar, datang kakak tertua Isa. Ia meminta adiknya menikahi anak seorang saudagar kaya raya. Anak yang dimaksud adalah Bella. Ia anak seorang kontraktor ternama di Serang. “Ketika mereka mau menikah, kakaknya menjodohkan Isa dengan saya,” jelasnya.

Awalnya Isa menolak, ia mengatakan telah memiliki calon sendiri. Namun si kakak memaksa Isa menuruti kemauannya. “Katanya, perjodohan ini bisa mengangkat derajat keluarga besar saya,” jelas Bella.

Isa tetap menolak, namun penolakan itu membuat kakaknya berang. Isa disebut tidak berbakti, egois, juga tidak pengertian. Merasa tersudut oleh kakaknya, Isa akhirnya menurut. Ia menerima perjodohan itu dan mau menikah dengan Bella. “Kami sempat dipertemukan. Kesan pertama saya langsung kecantol dia. Isa kan ganteng, makanya saya mau. Tapi dia tahunya enggak,” terangnya.

Selama perjodohan, Isa tidak berkata apa-apa kepada Aisyah. Bahkan pacarnya itu tidak pernah mendengar kabar Isa kembali. “Isa hilang komunikasi dengan Aisyah. Bahkan ketika kami menikah, Aisyah tidak tahu,” tuturnya.

Pernikahan Isa dan Bella, diketahui Aisyah dari media sosial temannya sesama guru. Mengetahui sang pacar menikah tanpa ada berita, Aisyah sedih bukan kepalang. “Dia merasa dikhianati dan dibuang. Secara, hubungan mereka seperti sudah suami istri. Tapi yang ia anggap sudah seperti suami menikah dengan saya,” jelasnya.

Awalnya Aisyah hanya bersedih, namun lama-kelamaan dia merasa marah. Mulailah Aisyah merongrong Isa, ia meminta pertanggungjawaban kepada pria yang masih ia anggap pacarnya itu. “Aisyah tidak mau ditinggalkan Isa. Ia tetap ingin suami saya berhubungan dengannya meskipun sudah menikah,” ujarnya.

Terdorong rasa bersalah, Isa tidak bisa berbuat apa-apa. Ia menuruti keinginan Aisyah untuk tidak meninggalkannya. Inilah pemicu cinta segitiga antara Aisyah, Isa, dan Bella. Kisah perselingkuhan ini berlangsung lima bulan lamanya, hingga akhirnya medsos yang menunjukkan adanya perselingkuhan itu. “Kalau Aisyah tidak memasang foto Isa di akunnya, saya tidak akan pernah tahu kalau suami saya berselingkuh,” terangnya. (RB/quy/zee)