Padarincang Banjir Lagi, Warga Masih Bertahan di Rumah

Proses evakuasi warga di Kecamatan Padarincang, Kabupaten Serang, yang rumahnya terkena banjir, Kamis (3/1/2019). Foto: Haidar/Radar Banten

SERANG – Kamis (3/1/2019) sekira pukul 04.12 WIB, terjadi banjir susulan setinggi 40-70 cm yang menerjang permukiman warga di empat desa di Kecamatan Padarincang, Kabupaten Serang. Di antaranya, Kampung Sukamaju, Desa Citasuk; Kampung Ciseke dan Kampung Suarna, Desa Batukuwung; Kampung Sinarjaya dan Kampung Sumberjaya, Desa Barugbug; serta Kampung Dahu, Desa Cipayung.

Banjir serupa terjadi pada Selasa (1/1/2019) lalu. Hingga banjir susulan, sejumlah warga masih memilih bertahan di rumah. Berdasarkan pantauan Radar Banten, saat ini warga sibuk membersihkan rumahnya dari lumpur yang semalam merendam bagian dalam rumah mereka.

Bintara Pembina Desa (Babinsa) Padarincang Serda Denny Rahmatullah mengatakan, anggota Koramil Padarincang ikut membatu warga dengan membuat tim di empat wilayah. Mereka bergerak untuk menyisir setiap rumah warga pukul 05.00 WIB dengan perahu karet. Namun, sebagian besar warga memilih bertahan hingga menunggu langit terang.

“Mulai dari Babinsa Padarincang, Babinkamtibmas Polsek Padarincang, Kanit Interkom, dan ketua RT dan RW bergerak mengetuk satu per satu rumah warga dan menanyakan ingin evakuasi atau tidak, tapi mereka memilih bertahan di paranggong (atap rumah) ,” ungkapnya.

Ketua RW Sukamaju Tasan mengaku, semalam banjir datang secara tiba-tiba saat warga tengah tertidur pulas. Katanya pertama banjir dari sungai Cikalumpang, Cisuarna, dan Cidanghiang, yang meluap masuk menggenangi bagian dalam rumah warga setinggi paha orang dewasa. Bagi warga, sudah biasa menghadapi banjir setiap tahunnya.

“Ya, air masuk begitu cepat, ponsel dan empat motor saya di rumah sampai terendam. Tapi, alhamdulillah, tak ada korban soalnya kita langsung naik ke paranggong,” ungkapnya. (Haidar)

BACA selengkapnya di koran Radar Banten atau versi digital di epaper.radarbanten.co.id. Saksikan juga di Banten Raya TV pada program SELAMAT PAGI BANTEN (07.00 WIB), BANTEN SIANG (13.00 WIB), BANTEN PETANG (17.00 WIB) dan BANTEN MALAM (21.00 WIB) di channel 50 UHF/702 MHz, atau melalui streaming www.barayatv.com/live.