Padarincang Kembali Dilanda Banjir

0
662 views
Petugas BPBD Kabupaten Serang memberikan bantuan kepada korban banjir di Citasuk.

SERANG – Hujan bekepanjangan membuat Kampung Sukamaju, Desa Citasuk, Kecamatan Padarincang, Kabupaten Serang kembali diterjang banjir. Peristiwa tersebut akibat Sungai Cikalumpang yang melintas di kampung tersebut meluap ke permukiman warga.

Di Kampung Citasuk terdapat 295 kepala keluarga dengan 1.650 jiwa. Hampir seluruh rumah terkena banjir. Ketinggian air bervariasi, mulai dari 50 cm hingga 1 meter lebih. Seluruh warga masih bertahan di rumahnya masing-masing. Mereka sibuk menyelamatkan barang-barang agar tidak terbawa hanyut. Beberapa warga ada juga mengantisipasi air masuk ke rumah dengan membuat tanggul di setiap pintu rumah.

Suminta, Sekretaris Desa Citasuk, mengungkapkan, Kampung Sukamaju merupakan daerah langganan banjir. Setahun ini sudah lima kali banjir . “Kami sudah melaporkan ke pemerintah agar banjir di kampung ini bisa cepat diatasi. Meski tak ada korban jiwa dalam peristiwa ini, namun masyarakat resah dan panik ketika malamĀ  air dari Sungai Cikalumpang meluap. Jadi saya mohon ke Pemkab Serang agar bisa menyelesaikan persoalan banjir ini,” ungkap Suminta di lokasi banjir, Kampung Sukamaju, Senin (5/12).

Pantauan di lokasi, penanganan pasca-banjir sudah dilakukan. Tersedia posko kesehatan dari Kecamatan Padarincang di SDN Sukamaju. Di posko itu juga sedang disiapkan dapur umum untuk warga.

Bupati Kabupaten Serang Ratu Tatu Chasanah akan berupaya menyelesaikan persoalan banjir di wilayahnya. Ia mengatakan, saat ini ada empat desa yang banjir yaitu dua desa di Kecamatan Padarincang dan dan lainnya di Cinangka. “Setelah kami meninjau dan melihat lokasi banjir, kami melalui Dinas PU akan bertindak secepatnya agar persoalan banjir ini bisa diatasi. Karena sejauh ini penyebab banjir ini akibat meluapnya Sungai Cikalumpang yang mengalami pendangkalan,” ujar Tatu di lokasi banjir, Desa Sukamaju, Kecamatan Padarincang. (Ade F)