Pagar Pabrik Dibikin Menarik

0
435

BOJONEGARA – Kampung yang hijau dan asri, dambaan warga RW 001, Kampung Sempu, Desa Mangkunegara, Kecamatan Bojonegara. Kerinduan warga untuk memiliki kampung seperti harapannya itu, seakan bisa terwujud melalui Lomba Kampung Bersih dan Aman (LKBA) Kabupaten Serang 2020.

Harapan warga RW 001 untuk punya kampung yang hijau dan asri, sempat pupus tatkala pabrik-pabrik berdiri di kampungnya. Lahan di kampung ini berubah menjadi tembok pagar pembatas pabrik.

Sejak LKBA 2020 digulirkan, warga pun menyulap tembok pagar pabrik itu menjadi tempat yang menarik untuk foto-foto. Pagar dicat, menjadi media lukisan 3-D (tiga dimensi). Kemudian, jalanan di samping tembok pabrik itu diberi hiasan seperti terowongan dengan lampu hias yang menyala saat malam hari.

Ketua RW 001 Supandi mengatakan, ada tiga lokasi pagar pabrik di belakang kampungnya yang dihias. Yakni, di RT 01, RT 02, dan RT 03.

“Kita bersihkan dulu rumput dan sampahnya, baru kita cat dan hias temboknya,” katanya kepada Radar Banten, Senin (23/11)

Dijelaskan Supandi, jalanan di sekitar tembok pagar pabrik ini sebelumnya hanya lahan kosong. Warga tidak pernah melaluinya karena jalan buntu. Sehingga, penuh rumput liar.

“Daripada enggak terpakai, mending kami hias,” ujar Supandi.

Modal pengecatan untuk menghias tembok pabrik itu, jelas Supandi, merupakan bantuan dari pihak pabrik. Pemanfaatan tembok pabrik oleh warga itu, disebutkan  justru membuat pihak pabrik senang.

“Mereka (pihak pabrik-red) seneng, warga jadi tambah semangat,” tandas Supandi.

Kepala Desa Mangkunegara Maksum menambahkan bahwa warga RW 001 juga sudah membantu pemerintah desa dengan membuat taman di samping Kantor Desa Mangkunegara. Kantor desa ini berada di RW 001.

“Sekarang masyarakat yang dapat pelayanan desa jadi makin betah, kantor desanya hijau dan asri,” ungkapnya.

Maksum optimistis, RW 001 bisa meraih juara LKBA. Soalnya, saat penilaian tahap pertama, tim juri disebutkan memberikan tanggapan positif soal pemanfaatan lahan tak terpakai.

“Nanti saat penilaian tahap dua lokasinya makin bagus. Pasti tim juri bakal seneng,” pungkas Maksum. (mg06/don)