Pagi Ini Presiden Jokowi Tinjau Lokasi Banjir Bandang di Lebak

Personel TNI dan Polri melakukan pengamanan di jalur yang akan dilewati Presiden Joko Widodo.

LEBAK – Presiden Joko Widodo pada Selasa (7/1) pagi ini akan mengunjungi daerah banjir bandang dan longsor di Lebak.

Ratusan personel TNI dan Polri telah disiagakan di posko pengungsian korban banjirbandang dan longsor di Banjaririgasi, Kecamatan Lebakgedong. Bahkan, pasukan pengaman presiden (paspampres) melakukan penyisiran di Puskesmas Lebakgedong dan posko pengungsian untuk mencegah kejadian yang tidak diinginkan.

Pantauan Radar Banten di lokasi, Kapolres Lebak AKBP Dani Arianto telah standby di posko pengungsian. Sementaa itu anggota polisi lalu lintas menutup akses menuju Lebakgedong untuk sterilisasi agar tidak terjadi kepadatan kendaraan. 

Kepala BPBD Lebak Dede Jaelani mengatakan, Presiden Joko Widodo mengunjungi beberapa tempat di Lebak, yakni posko pengungsian di Banjaririgasi dan jembatan putus di Sungai Ciberang, Kecamatan Lebakgedong. Selanjutnya, Presiden akan melanjutkan perjalanan ke Sajira untuk menemui pengungsi di posko PGRI Sajira. Dari posko pengungsian Jokowi menuju ke Dodiklatpur Ciuyah dan terbang menunggunakan helikopter ke Jakarta.

“Pak Presiden menggunakan jalur darat dari Bogor menuju Lebak,” ungkap Dede Jaelani kepada Radar Banten, Selasa (7/1).

Banjir bandang di Lebak sendiri terjadi pada 1 Januari 2020. Bencana alam tersebut mengakibatkan 1.410 rumah rusak berat, 1.226 rumah terendam, 30 jembatan rusak, 19 sekolah rusak, dan 10 orang meninggal dunia. Bahkan, sampai sekarang Desa Lebaksitu dan Kampung Cigobang, Desa Banjarsari, Kecamatan Lebakgedong.

Sementara itu, berdasarkan informasi yang disampaikan Kabid Humas Polda Banten Kombes Pol Eddy Sumardi, Presiden RI berangkat dari Istana pukul 07.30. Tiba di tempat Pengungsian Gor Futsal Kapmpung Cikomara, Banjaririgasi, pukul 09.00. Kemudian menuju tempat lokasi jembatan putus di sekitar Kampung Cikomara. Perjalanan dilanjutkan ke Posko Utama Pengungsian gedung PGRI Sajira. Pukul 11.00, Presiden kembali ke Jakarta menggunakan helikopter dari Lapangan Dodiklatpur, Jalan Raya Cipanas, Lebak. (Mastur, Merwanda)