Pakai Celana SpongeBob, Kiper Timnas Iran Ini Dikenai Sanksi

Sosha Makani (celana kuning) dilarang tak boleh bermain sepak bola selama enam bulan. FOTO: BBC
Sosha Makani (celana kuning) dilarang tak boleh bermain sepak bola selama enam bulan. FOTO: BBC

IRAN – Malang betul nasib kiper timnas Iran, Sosha Makani. Hanya gara-gara mengenakan celana panjang berwarna kuning bermotif tokoh film kartun SpongeBob, Makani dilarang bermain sepak bola oleh Komisi Disiplin Asosiasi Sepak Bola Iran.

Sanksi yang dijatuhkan itu jelas mengejutkan. Tapi, itu memang sudah menjadi hukum di Iran.

Seperti diketahui, Pemerintah Iran melarang karakter-karakter fiksi atau kartun yang berbau Amerika Serikat. Oleh karena itu, Komisi Disiplin menganggap pakaian yang dikenakan Makani tidak pantas dan melanggar norma-norma yang berjalan di Iran.

Sebelumnya, Sosha yang memperkuat Persepolis, sempat dihukum kurungan penjara karena berfoto selfie dengan dua wanita seksi.

“Sosha dihukum enam bulan tak boleh bermain sepak bola karena mengenakan celana berwarna kuning. SpongeBob menjadi sumber masalah Sosha,” tulis Agensi Asriran.

Pemerintah Iran memang sangat memerhatikan kultur dan kebiasaan tokoh olahraga di publik. Hal-hal sensitif yang menjadi viral di dunia maya bisa menjadi masalah besar.

Akan tetapi, tak semua warga Iran setuju dengan hukuman yang dijatuhkan untuk Makani. Protes pun dilakukan di media sosialTwitter. Secara ekstrem mereka menyebut jika Makani menggunakan boxer SpongeBob, dia bisa dihukum mati. (epr/JPNN)