PAN Banten Targetkan 1 Juta Kader

0
100
Ilustrasi

SERANG – Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Amanat Nasional (PAN) Provinsi Banten Masrori menargetkan memiliki satu juta kader di Banten untuk menguatkan struktur kepengurusan dari tingkat bawah hinga teratas.

Tak hanya itu, PAN juga harus punya ciri tersendiri dengan partai lain dalam pergerakannya. “Kalau belajar banyak duit, belajar ke Golkar. Kalau belajar militansi, belajarlah ke PDIP. Kalau belajar dakwah, belajarlah ke PKS, dan lain-lainnya,” ujarnya saat memberikan sambutan pada Rakerwil PAN Banten di Gedung PMI Provinsi Banten, Kota Serang, Sabtu (30/9).

Pengalaman pemilihan legislatif pada 2014 lalu, kata dia, ada calon memiliki suara tertinggi, tetapi kalah perolehan suara partainya. Hal ini pertanda belum bergeraknya partai secara masif. “Ada partai yang tidak bergerak, ada partai dari ranting yang tidak ada. Suara-suara di kabupaten compang-camping. Ini harus menjadi pembahasan agar semua linear sesuai target yang kita mau,” tuturnya.

Mengapa harus satu juta kader, lanjut dia, logikanya bila struktur di semua tingkatan menguatkan dan menjaga kekompakan, tentu saja target kemenangan bisa tercapai. “Tapi bila DPW, DPC terlalu banyak konflik, tidak akan signifikan suaranya,” ujarnya.

Ia menyayangkan banyak pengurus yang tidak pernah hadir pada acara rapat penting. Ini pertanda kurang baik bagi PAN. Hal yang perlu diperbaiki, misalnya memotivasi kader soal kesolidan demi kepentingan bersama.

“Saya mengajak buktikan dulu di DPW agar pengurusnya kumpul setiap bulan. DPD dan DPC harus mulai. Sebelum pemilu kita maksimalkan semua potensi yang ada,” tuturnya.

Ia percaya bila kader memiliki pemikiran dalam menguatkan partai beserta pergerakannya, minimal keberhasilan PAN bisa mendekati Patai Golkar, PPP, maupun partai lain.

“Satu juta kader kita akan dibuktikan, minimal tahun 2019 harus punya kader di setiap pelosok. Nanti tim kader ada verifikasi struktural yang setiap bulan mengontrol sudah berapa KTA itu,” paparnya.

Tim verifikasi ini, dijelaskannya, untuk mengecek dan mengevaluasi perkembangan struktur di DPD masing-masing sehingga target kepengurusan bisa terealisasikan. (Anton Sutompul/antonsutompul1504@gmail.com).