PAN-Gerindra Koalisi Tiga Pilkada

0
900 views

SERANG – Partai Gerindra dan Partai Amanat Nasional (PAN) sepakat membangun koalisi dalam hajatan pilkada serentak di Banten. Kesepakatan itu tercapai setelah Wakil Ketua Umum DPP PAN Yandri Susanto bertemu dengan Ketua DPD Gerindra Banten Desmond J Mahesa pada Rabu (3/6).

Pertemuan yang digelar di kediaman Desmond di Ciwaru, Cipocokjaya, Kota Serang, sekira pukul 14.00 WIB itu berlangsung dalam suasana keakraban. Yandri dan Desmond menggelar pertemuan di salah satu saung terbuka hingga pukul 15.30 WIB. Dalam pertemuan itu, baik Yandri maupun Desmond mengenakan pakaian santai.

Saat dikonfirmasi Radar Banten, Yandri membenarkan adanya pertemuan dengan Desmond. Kata Yandri, pertemuan dengan pimpinan Gerindra Banten itu untuk mendiskusikan banyak hal termasuk soal bangunan koalisi. “Dari diskusi itu, kami sepakat akan berkoalisi. Kami akan mengajukan calon alternatif di luar petahana di pilkada di Banten,” kata Yandri, Kamis (4/6).

Kata Yandri, calon alternatif yang akan diusung bukan untuk gagah-gagahan. “Kami ingin menawarkan pilihan-pilihan alternatif kepada masyarakat. Kami berhidmat mengajukan calon di luar petahana untuk kemaslahatan masyarakat,” kata anggota DPR RI dari dapil Banten 2 (Serang-Cilegon) ini.

Mengenai calon yang akan diusung di Pikada Kabupaten Serang, Yandri menyebut beberapa nama potensial. Antara lain Nasrul Ulum (anggota DPRD Kabupaten Serang), Masduki (pengusaha), Masrori (Ketua DPW PAN Banten), Eki Baihaki (anak mantan Bupati Serang Ahmad Taufik Nuriman), dan sebagainya. “Kami masih terus godok dan pertimbangkan nama-nama itu. Tidak lama lagi, kami akan menggelar deklarasi pasangan bakal calon,” ujarnya.

Koalisi Gerindra-PAN untuk Pilkada Kabupaten Serang, sebut Yandri, sudah memenuhi persyaratan untuk mengusung pasangan calon karena mengantongi 12 kursi dari persyaratan 10 kursi. Gerindra memiliki 8 kursi di DPRD Kabupaten Serang sementara PAN punya 4 kursi. “Koalisi ini sudah cukup memenuhi persyaratan,” pungkasnya.

Sementara itu, Desmond J Mahes yang dikonfirmasi lebih tegas menyatakan jika koalisi yang akan dibangun dengan PAN untuk tiga pilkada kabupaten/kota. “Kita sepakat dalam pertemuan itu evaluasi empat pilkada. Tapi ada tiga daerah bakal berkoalisi dengan PAN. Tangsel, Cilegon, Kabupaten Serang,” tegas Desmond yang dihubungi via ponselnya, kemarin.

Soal sosok yang akan diusung di tiga daerah ini, Desmond pun belum mau membuka. Yang jelas, kata dia, Gerindra berusaha menyodorkan kader internal. “Sejauh ini ada (kader internal-red), tapi belum final. Semua masih kita godok, termasuk apakan sosok itu masuk di kriteria PAN atau tidak,” ujarnya. (alt-air)