TANGERANG – Meski tak mengikuti tahapan penyampaian visi dan misi, DPD PAN Kota Tangerang tetap menganggap dua kader Partai Golkar, masing-masing Wakil Walikota Tangerang Sachrudin dan mantan Ketua DPD Partai Golkar Kota Tangerang Abdul syukur, sebagai bakal calon dari partai berlambang matahari ini.

Sachrudin dan Syukur tak gugur pencalonannya di PAN. Keduanya tetap direkomendasikan ke DPW PAN Banten dan DPP PAN di Jakarta.

Ketua Tim Pilkada PAN Kota Tangerang HM Sjaifuddin Z Hamadin mengatakan, ada enam bakal calon atau pendaftar di PAN yang saat ini digodok secara internal. Selain Sachrudin dan Syukur yang tak gugur, keempat bakal calon lainnya adalah Walikota Arief R Wismansyah, Ketua Fraksi PAN DPRD Kota Tangerang Ella Silvia, Sekretaris DPW PPP Banten Iskandar Zulkarnain, dan Kepala Bappeda Banten.

”Sekarang, kami masih melakukan penggodokan tingkat internal. Hasil pemaparan visi dan misi akan menjadi bahan pertimbangan,” ujar Sjaifuddin, Jumat (18/8).

Kata Sjaifuddin, pihaknya pun telah meminta para pendaftar atau bakal calon itu untuk menjalin komunikasi informal dengan DPW PAN Banten di Serang dan DPP PAN di Jakarta.

”Komunikasi mereka ke DPW dan DPP sangat perlu dibangun. Ini supaya pengurus DPW dan DPP mengenal. Terutama mengenai visi dan misi calon tersebut saat nanti menjadi kepala daerah. Partai kami ini mengutamakan menjalin silaturahmi dan berdiskusi program kerja. Sekaligus untuk menjadi satu pandangan,” kata anggota DPRD Kota Tangerang ini.

Ia menambahkan, pihaknya tidak bisa memberikan rekomendasi serta merta tanpa ada persetujuan DPW dan DPD. Mekanisme tersebut memang prosedur internal. ”Partai kami butuh waktu menetapkan dukungan. Jangan sampai hanya tingkat kota disetujui, tetapi pusat tidak. Ini akan menjadi blunder nantinya,” katanya.

Ketua DPD PAN Kota Tangerang Khalid Marhaban mengatakan, pemaparan visi misi untuk mengetahui kesiapan calon dalam membangun Kota Tangerang.

”Kami tak ingin membeli kucing dalam karung. Melalui pemaparan visi misi ini, kami mengetahui apa yang akan dilakukan mereka untuk pembangunan Kota Tangerang,” ujarnya.

Setelah pemaparan visi misi, pihaknya akan menggelar rapat pleno diperluas untuk menentukan calon yang akan diusung PAN. ”Dalam waktu dekat, pleno diperluas digelar,” tandasnya. (Wahyu/RBG)