Tim panahan Kota Serang yang akan diterjunkan pada Porprov V Banten 2018 secara intens menjalani latihan di Lapangan Cinanggung, Ciceri, Kota Serang, Kamis (5/4).

SERANG-Cabang olahraga (cabor) panahan menjadi salah satu lumbung medali bagi Kota Serang pada Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) IV 2014. Cabor panahan berhasil menyumbangkan 46 keping medali, yaitu 23 keping emas, 14 keping perak, dan sembilan keping perunggu.

Pencapaian tersebut tidak hanya menjadikan panahan juara umum, tetapi juga memastikan Kota Serang menjuarai Porprov IV di rumah sendiri. Harapan tinggi diminta oleh KONI Kota Serang agar panahan dapat mengulang masa kejayaannya tersebut pada Porprov V 2018 di Kabupaten Tangerang.

Pelatih Panahan Kota Serang Ade Upik Safitri mengaku, predikat juara umum semakin menambah beban bagi timnya untuk dapat mempertahankan mahkota juara umum cabor panahan. Ia menilai pada Porprov V nanti kondisinya sangat berbeda mengingat harus berlaga di kandang lawan.

Meski begitu, pihaknya enggan langsung mengibarkan bendera putih sebelum genderang perang ditabuhkan. “Kami akan berjuang habis-habisan demi mempertahankan juara. Kami tahu itu sulit, tapi kami akan memaksimalkan setiap kesempatan yang ada karena atlet-atlet panahan senior masih bertahan dan tampil di porprov tahun ini. Meski berat karena bermain di kandang lawan yang notabene memiliki atlet potensial dan berkualitas, tapi yakin bisa,” kata Ade kepada Radar Banten, Kamis (5/4).

Ade menambahkan, tidak dimungkiri penampilan apik atlet-atlet senior pada porprov lalu menghantarkan Kota Serang merajai panahan Banten. Salah satu atlet senior yang masih akan tampil pada perhelatan pesta olahraga multievent terbesar se-Banten itu, yakni Ananta Dwi Wandatama. Dwi pada Porprov IV berhasil menyumbangkan 12 medali emas untuk Kota Serang. “Dwi ibarat kartu AS-nya kami. Dia salah satu pemanah andalan Kota Serang di porprov nanti. Dwi belum habis meski usianya tidak muda lagi. Kami ingin memberi yang terbaik untuk kontingen Kota Serang di porprov nanti,” imbuhnya.

Tak hanya atlet senior, Pengcab Perpani Kota Serang pun telah memiliki regenerasi atlet, yakni Muizzu Faisa Dewa, Ayu Lestari, Wildan Mauritz, Safira Brithantia, Siti Anandia, Zafira, Saffa Salamah, Lusiana Lokollo, I Kadek Surya Wibawa, dan Aura Syifa Labibah. “Mereka atlet binaan kami yang siap membuat kejutan di Porprov V nanti,” tegasnya.

Ketua Umum KONI Kota Serang Deni Arisandi mengakui bahwa cabor panahan merupakan salah satu cabor andalan Kota Serang di Porprov V nanti. Untuk itu, ia berharap cabor panahan mampu mengulang capaian seperti pada porprov lalu.

“Kami tidak menuntut banyak pada panahan minimal sama dengan prestasi di porprov lalu. Bila saja prestasi cabor panahan konsisten, kami yakin bisa kembali menjadi juara umum Porprov V. Selain panahan, kami juga punya cabor andalan lainnya, yakni biliar, karate, tinju, balap sepeda, balap motor, catur, wushu, muaythai, dan menembak,” beberrnya. (dre/ibm/dwi/RBG)