Atlet panahan Kota Serang secara intensif menjalani Pelatkot Serang 2018 di lapangan Cinanggung, Ciceri, Kota Serang, Minggu (10/6) siang.

SERANG-Pengurus Cabang (Pengcab) Persatuan Panahan Indonesia (Perpani) Kota Serang membidik prestasi maksimal sebagai juara umum pada Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) V Banten 2018. Untuk memuluskan target tersebut, Pengcab Perpani Kota Serang akan menerjunkan 18 atlet terbaiknya di Porprov V Banten 2018 yang akan digelar di Kabupaten Tangerang, November nanti.

    Bahkan dari deretan atlet yang disiapkan, diantaranya masih bercokol atlet-atlet senior yang mengharumkan Kota Serang di Porprov IV Banten 2014. Diantaranya adalah penyumbang 18 keping medali di Porprov IV Banten 2014 bagi kontingen Kota Serang dengan rincian 12 emas, empat perak, dan dua perunggu dan juga dinobatkan sebagai atlet putra terbaik kala itu, yakni Dwi Ananta Wandatama. Berikutnya ada pila nama atlet senior lainnya, seperti Indra Kurniawan, Octavia Margharetha, Indra Kurniawan, dan Jopy Pung Adrian

    Pelatih Panahan Kota Serang, Upik Ade Safitri mengatakan, sebagai juara umum cabor panahan Poprov IV Banten 2014, pihaknya bertekad mempertahankannya. “Tidak usah ditargetkan oleh KONI Kota Serang atau Pemkot Serang, kami juga memiliki misi untuk mempertahankan gelar juara umum itu. Kami memiliki modal untuk mempertahankan gelar juara umum, jadi tidak ada alasan untuk melewatkan moment mempertahankan gelar juara umum,” kata wanita yang akrab disapa Ade disela memimpin jalannya latihan atlet panahan Kota Serang di Lapangan Cinanggung, Ciceri, Kota Serang, Minggu (10/6) sore.

    Ade menambahkan, saat ini atlet panahan Kota Serang rutin menggelar latihan meski tengah menjalani ibadah puasa, minimal tiga kali dalam sepekan. Bahkan latihan intensif ini sudah berlangsung dari tahun 2017 lalu “Kami mulai intens menggelar pemusatan pelatihan dari 2017 lalu setelah gong Pelatkot dimulai. Tapi kalau hanya latihan biasa, sudah kami mulai dari tahun 2015. Dari pantauan kami selaku tim pelatih, kans untuk menyabet banyak medali sangat besar. Atlet senior kami masih bisa diandalkan,” imbuhnya.

    Kepercayaan Pengcab Perpani Kota Serang semakin berlipat tatkala binaan atlet juniornya telah tumbuh dan berkembang untuk bersaing meraih prestasi. “Kami juga telah melakukan regenerasi atlet, seperti Muizzu Faisa Dewa, Ayu Lestari, Wildan Mauritz, Safira Brithantia, Siti Anandia, Zafira, Saffa Salamah, Lusiana Lokollo, I Kadek Surya Wibawa, dan Aura Syifa Labibah. Mereka atlet binaan kami yang siap membuat kejutan di Porprov V nanti,” tegas Ade.

    Sementara itu, Dwi Ananta mengaku optimistis mampu mengulang kejayaan seperti yang ditorehnya pada Porprov IV Banten 2014 lalu. “Insya Allah, saya belum habis dan siap mempersembahkan yang terbaik untuk Kota Serang. Saya akan buktikan kalau atlet panahan Kota Serang tidak hanya jago kandang,” ucapnya optimistis. (dre/sr/ags)