Pandangan Lansia Ini Tentang Peran dan Kodrat Wanita Sungguh Hebat

Suratih (63) saat mengutarakan pendapatnya terkait peran dan kodrat wanita saat ini kepada Radar Banten Online di pendopo Bupati Kabupaten Serang, Jumat (21/4).

SERANG –  Salah satu lansia yang hari ini memenuhi undangan Bupati Serang, mengungkapkan bahwa setinggi apapun karir dan pendidikan seorang wanita tetaplah mendidik anak sebagai ibu dan seorang istri itu lebih penting.

“Sekarang sudah banyak wanita yang menduduki posisi ditingkat daerah bahkan kenegaraan sekalipun, memang saat ini kodrat wanita telah dianggap setara dengan kodrat pria yaitu berkarir dan berpendidikan setinggi-tingginya, namun meskipun demikian sebenarnya kodrat wanita yang ada yaitu mendidik anak-anak nya dan memperhatikan keluarganya,” kata Suratih, warga Kecamatan Waringin Kurung, Jumat (21/4).

Menurutnya, wanita saat ini sudah melampaui kata emansipasi, emansipasi yang dahulu diartikan sebagai kebebasan saat ini malah justru kebablasan. “Lihat saja sekarang banyak wanita yang malah menjadi tulang punggung di keluarganya, anak-anaknya dititipkan kepada pembantu dan suaminya mengurus rumah tangga,” kata wanita berusia 63 tahun ini.

Disisi lain, peran wanita memang sangat penting bagi pertumbuhan serta pendidikan naluri serta moral anak. Karena didikan anak tanpa ibu yang sehari-harinya mendidik sangatlah berbeda dengan didikan anak yang di didik dengan orang lain.

“Banyak sekarang anak yang salah langkah, itu karena anak adalah cerminan orang tuanya termasuk ibu nya,” ujar wanita yang pernah menjadi seorang guru di SDN Sasan 2 Waringin Kurung ini.

Baginya, wanita tetaplah wanita yang memiliki kodrat mengurus anak serta keluarga nya bukan tulang punggung keluarga dan bukan pengganti dari peran seorang pria.

“Kalaupun ingin berkarir, diharapkan juga harus seimbang antara keluarga dan pekerjaan, karena pekerjaan itu tidak akan dapat membayar betapa pentingnya arti keluarga,” kata nenek beranak empat dan bercucu empat. (Wirda Garizahaq/risawirda@gmail.com)