Pandeglang Berhasil Perbaiki Lagi Peringkat di MTQ Banten

0
1.084 views
Bupati Pandeglang Irna Narulita bersama kafilah Pandeglang.

PANDEGLANG – Setelah melalui perjuangan panjang dan penuh persaingan ketat, akhirnya Kafilah Kabupaten Pandeglang menempati peringkat ketiga pada ajang MTQ XVII Provinsi Banten Tahun 2020 yang dilaksanakan pada 10-15 Agustus 2020 di Masjid Raya Albantani, Kota Serang.

Pada perhelatan MTQ ini kafilah Kabupaten Pandeglang mengikuti seluruh cabang dan golongan yang dilombakan, yaitu 14 cabang dan 25 golongan, dengan total peserta sebanyak 64 orang.

Kafilah Kabupaten Pandeglang di era kepemimpinan Bupati Irna Narulita telah menunjukkan peningkatan prestasi yang luar biasa. Sejak tahun 2017 sampai 2019 Pandeglang mampu menempatkan dirinya di peringkat empat. Pada tahun 2020 ini Pandeglang mampu merangsek ke peringkat tiga besar. Hal ini sesuai dengan target Bupati dan LPTQ Kabupaten Pandeglang. Pada penyelenggaraan MTQ di Provinsi Banten, Kabupaten Pandeglang pernah menjadi peringkat tiga pada tahun 2003 dan 2013 pada saat menjadi tuan rumah.

Bupati Pandeglang Irna Narulita menyatakan bersyukur sekaligus mengucapkan terima kasih kepada kafilah yang telah berjuang keras dalam MTQ XVII sehingga dapat duduk di peringkat tiga. “Selain kerja keras para kafilah, hal ini juga berkat kerja sama yang baik antara Pemkab Pandeglang, LPTQ Kabupaten Pandeglang, ulama dan yang paling penting adalah doa serta dukungan dari seluruh warga masyarakat Kabupaten Pandeglang,” ungkap Irna melalui siaran pers.

Ketua Umum LPTQ Kabupaten Pandeglang yang juga Sekretaris Daerah Kabupaten Pandeglang Pery Hasanuddin menyampaikan kesan yang luar biasa, Pandeglang bisa menduduki peringkat tiga ini berkat kerja sama dan kekompakan kafilah, mulai peserta, pembina dan ofisial bersatu niat dan langkah dalam berjuang di ajang MTQ. Ini hasil yang luar biasa setelah tiga tahun ini kita hanya menempati peringkat empat.

Hal itu dibenarkan oleh Sekretaris Umum LPTQ Kabupaten Pandeglang Abdul Hadits Muntaha. Prestasi yang diraih kafilah Kabupaten Pandeglang pada ajang MTQ XVII tidak lepas dari niat yang ikhlas untuk memajukan prestasi Pandeglang yang disertai dengan ikhtiar yang nyata dari para peserta, Pembina dan ofisial.

“Untuk mencapai tiga besar kita harus bersaing ketat dengan kabupaten/kota lain yang secara kualitas relatif sama. Tapi yang harus diingat juga bahwa ikhtiar Pandeglang dilakukan tidak hanya ikhtiar lahiriyah melalui training center, tapi juga melakukan ikhtiar batiniah berupa ziarah keliling Banten dan khataman Alquran hampir 200 kali khatam selama kurun waktu menjelang pelaksanaan MTQ XVII Provinsi Banten 2020,” jelas Hadis.

Hasil akhir MTQ XVII Provinsi Banten Tahun 2020, peringkat pertama Kota Tangerang Selatan meraih 138 poin, kedua Kabupaten Serang 124 poin, ketiga Kabupaten Pandeglang 75 poin, keempat Kota Tangerang 69 poin, kalima Kota Serang 34 poin, keenam Kabupaten Tangerang 29 poin, ketujuh Kabupaten Lebak 27 poin, dan kedelapan Kota Cilegon 8 poin. (aas)