Dirjen Perlindungan dan Jaminan Sosial Kemensos Hary Hikmat.

PANDEGLANG – Direktur Jenderal (Dirjen) Perlindungan dan Jaminan Sosial Kementerian Sosial (Kemensos) Hary Hikmat melakukan rapat koordinasi dengan Bupati Pandeglang Irna Narulita di pendopo Pandeglang, Rabu (13/2). Kegiatan itu untuk mempersiapkan Pandeglang sebagai kabupaten siaga bencana.

Hadir pada acara tersebut Direktur Perlindungan Sosial Korban Bencana Alam Kemensos Margowiyono, Sekretaris Daerah (Sekda) Pemkab Pandeglang Pery Hasanudin, Asda Bidang Pemerintahan dan Hukum Agus Priyadi Mustika, Asda Bidang Administrasi Umum (Adum) Undang Suhendar, Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Tati Suwagiharti, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindukbud) Olis Solihin, dan perwakilan organisasi perangkat daerah (OPD) Pemkab Pandeglang.

Dirjen Perlindungan dan Jaminan Sosial Kemensos Hary Hikmat mengatakan, ada beberapa hal yang harus dilengkapi oleh Pemkab Pandeglang sebelum dijadikan sebagai kabupaten siaga bencana. Antara lain, memberikan pemahaman kepada masyarakat mengenai mitigasi bencana, dan tersedianya lumbung desa atau lumbung pangan di masing-masing desa.

“Ada sepuluh kecamatan di Pandeglang yang akan dijadikan sebagai kawasan siaga bencana, seperti Kecamatan Carita, Labuan, Panimbang, Sukaresmi, Sumur, dan beberapa kecamatan lainnya. Kabupaten Siaga bencana itu tidak se-kabupaten, tetapi beberapa lokasi atau kecamatan. Tetapi intinya sama, yaitu sebagai Kabupaten Siaga bencana,” katanya.

Bupati Pandeglang Irna Narulita berharap kegiatan tersebut bisa memberikan manfaat kepada masyarakat, khsusnya dalam penanganan bencana alam. “Ini suatu kehormatan bagi kami karena Pandeglang menjadi model daerah siaga bencana se-Indonesia. Ketika ada bencana kita tidak panik lagi, kami nanti akan diberikan pemahaman dan pengetahuan bencana dan penanganannya dan mengurangi risiko bencana,” kata Irna. (Adib F/Aas)

BACA selengkapnya di koran Radar Banten atau versi digital di epaper.radarbanten.co.id. Saksikan juga di Banten Raya TV pada program SELAMAT PAGI BANTEN (07.00 WIB), BANTEN SIANG (13.00 WIB), BANTEN PETANG (17.00 WIB) dan BANTEN MALAM (21.00 WIB) di channel 50 UHF/702 MHz, atau melalui streaming www.barayatv.com/live.